Mohon tunggu...
manife 19
manife 19 Mohon Tunggu... Notaris - Mahasiswa

UIN WALISONGO SEMARANG

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal

11 Februari 2021   12:20 Diperbarui: 11 Februari 2021   12:39 571
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menghafal adalah suatu usaha memasukkan informasi ke dalam memori (ingatan). Menghafal berarti memberikan tanda kepada otak kita bahwa ada sesuatu yang perlu diingat atau ditandai. Menghafal biasanya diterapkan di sekolah-sekolah salah satunya di sekolah dasar, dikarenakan masa pertumbuhan anak-anak yang berada pada tahap golden age dimana daya pikir anak-anak lebih kuat dan sangat cepat menangkapnya .
Tak mudah anak-anak menyimpan memori hafalannya cukup lama, rata-rata anak-anak hanya mampu meyimpan hafalannya sekitar 1-3 hari. Untuk meningkatkan daya ketahanan dalam menyimpan hafalan dan agar hafalannya tidak monoton serta tidak membuat anak-anak cepat bosan maka perlu strategi salah satunya dengan strategi metode bernyanyi.
Bernyanyi merupakan kegiatan yang digemari oleh hampir semua umur dari kalangan anak-anak hingga orang tua, dan biasanya dikuti dengan gerakan-gerakan tubuh. Honig (1998) mengemukakan bahwa sejak lahir anak secara biologis sudah dilengkapi dengan kesenangan-kesenangan untuk merespon suara-suara orang. Pendapat tersebut menandakan bahwa mendengarkan nyanyian dan bernyanyi merupakan suatu kebiasaan dan bakat yang dimiliki secara alamiah sejak dari lahir. Bernyanyi berarti mengungkapkan perasaan dan pikiran yang diekspresikan melalui suara. Mustahil rasanya apabila dalam beraktivitas sehari-hari tanpa bernyanyi walaupun sedikit.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam mengkolaborasikan hafalan dengan metode nyanyian yaitu: memilih lagu yang cocok dan serasi dengan tema atau materi yang akan dihafalkan, memilih lagu yang familiar dikalangan anak-anak, ganti lirik lagu dengan materi hafalannya, nyanyikan secara berulang-ulang sampai anak-anak hafal, usahakan diikuti dengan gerak tubuh yang sesuai, dan sebelumnya guru sudah mempraktikkan terlebih dahulu sebelum disampaikan kepada anak-anak.
Dengan diterapkannya metode bernyanyi dalam menghafal maka dapat meningkatkan motivasi dan semangat anak-anak dalam belajar selain itu dapat membantu guru dalam mengembangkan pendidikan karakter. Dengan metode ini tidak membutuhkan media yang sulit, metode ini dapat dilakukan dengan menggunakan musik maupun tanpa musik.
Jadi dengan mengkolaborasikan hafalan dengan metode bernyanyi dapat meningkatkan daya serap anak-anak serta ketahanan dalam menyimpan memori hafalan. Melalui nyanyian dapat membuat anak-anak lebih bahagia, dapat menghilangkan rasa sedih, dapat menghibur dan menjadikan anak-anak lebih bersemangat tidak jenuh dengan materi. Oleh karena itu, dalam bernyanyi akan dapat dengan muda untuk menyampaikan banyak hal salah satunya pesan moral dan nilai-nilai agama. Pesan-pesan tersebut akan lebih cepat dan mudah diterima oleh anak-anak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun