Mohon tunggu...
Ahmad Saukani
Ahmad Saukani Mohon Tunggu... pensiun bukan lantas berhenti bekerja

pensiun bukan lantas berhenti bekerja

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Perjalanan Umrah adalah Perjalanan Istimewa

31 Oktober 2018   09:37 Diperbarui: 31 Oktober 2018   10:03 0 9 5 Mohon Tunggu...
Perjalanan Umrah adalah Perjalanan Istimewa
pak Arifin dan keluarga/dok pribadi

Petang kemarin berangkat berarti pagi atau siang ini Pak Arifin bersama Bu De Lami tetangga kami sudah melakukan Tawaf. Tawaf adalah kegiatan mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali degan syarat-syarat tertentu. Antara lain, seperti orang yang akan melaksanakan Sholat, Tawaf harus dalam keadaan berwudhu, suci badan dan pakaian dari najis serta menutup aurat.

Menurut riwayat Tawaf sudah dilaksanakan jauh hari sejak Zaman Nabi Ibrahim AS. Tawaf dilaksanakan dengan tertib sebanyak tujuh putaran dengan diringi do'a-do'a. Namun menurut sebagian Ulama tidak ada do'a khusus dalam pelaksanaan Tawaf.

Ditengah gencarnya pemberitaan musibah yang menimpa dunia penerbangan Indonesia dengan hilangnya Pesawat Lion Air yang membawa duka mendalam. Pak Arifin, Bu De Lami beserta rombongan terbang jauh sekali ke Mekkah untuk melaksanakan Ibadah Umrah.

Pak Arifin bersama Pak Asmawi adalah tokoh dilingkungan kami yang rajin mengkampanyekan gaya hidup sehat dengan berolahraga. Atas inisiatif mereka berdualah di lingkungan kami berdiri komunitas jalan sehat.

pak h Iswadi dan H didi/dok pri
pak h Iswadi dan H didi/dok pri
Kepergian Pak Arifin melaksanakan Umrah ke Mekkah adalah semata-mata atas kehendak Allah. Semoga perjalanan Umroh-nya, do'a-do'a-nya dan segala hasrat yang diinginkannya dikabulkan oleh  Alloh SWT. Dan kelak kembali ke tanah air dengan selamat.

Perjalan Umrah bukanlah perjalanan biasa, perjalanan Umrah bukanlah perjalanan wisata yang belakangan desebut secara terang-terangan oleh sebagian saudara-saudara kita sebagai Wisata Umrah. Padahal sejatinya perjalanan umrah adalah perjalanan memenuhi panggilan yang Maha Kuasa. Perjalanan Umrah adalah perjalanan sarat makna karena orang yang menjalankan ibadah Umrah adalah tetamu Allah.SWT. Seperti disebut dalam Hadits diwah ini.

Orang-orang yang menjalankan ibadah haji dan 'umrah adalah tamu-tamu Allah, Allah akan memberi kepada mereka apa yang mereka minta, dan Allah akan mengabulkan semua do'a mereka; kemudian akan mengganti semua harta yang mereka belanjakan untuknya, satu dirham menjadi sejuta dirham.[HR. Baihaqi]

Ibadah Haji dan Ibadah Umrah yang dilaksanakan dengan ikhlas akan menjadi ibadah yang teramat istimewa lantaran sesiapa yang melaksanakannya menjadi tetamu Allah SWT yang do'a-do'anya insya Allah akan dikabul.

Semoga saudara-saudara kita yang menjalankan ibadah Umrah juga tidak lupa mendo'akan Negara kita yang akan menyongsong Pemilu dan Pilpres beberapa bulan mendatang yang belakangan ini kondisinya agak meriang. Agar Negara kita kembali menjadi sejuk dan damai.

dok pri
dok pri
.

Allahu A'lam.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x