Mohon tunggu...
Mandalika Naurah
Mandalika Naurah Mohon Tunggu... Hai

Mari berteman

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Berbagi Kebahagiaan Melalui Sosialisasi Protokol Kesehatan oleh Mahasiswa PMM 22 UMM

22 September 2020   02:29 Diperbarui: 22 September 2020   02:51 12 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbagi Kebahagiaan Melalui Sosialisasi Protokol Kesehatan oleh Mahasiswa PMM 22 UMM
Bersama anak-anak Rumah Yatim Lembaga Syuhada (dokpri)

Dalam rangka melakukan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 22 melakukan berbagai penyuluhan tentang protokol kesehatan di masa pandemi.

Setelah melakukan penyuluhan ke lima masjid Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sepanjang, kelompok yang terdiri dari dua mahasiswi Jurusan Akutansi, yaitu Ushy Amalia dan Maudy Farah, satu mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi yaitu Mandalika Naurah, dan satu mahasiswa Jurusan Manajemen yaitu Alvin Mifta ini juga melakukan sosialisasi kepada anak-anak di Lembaga Yatim Syuhada.

Mereka mengutamakan sosialisasi tentang probiotik yang mereka olah menjadi hand sanitizer serta probiotik yang sudah berupa sari buah untuk dikonsumsi.

Suasana saat itu terasa hangat, anak-anak yang rata-rata berumur 4-13 tahun itu mengaku bahwa mereka masih sering bermain di tengah virus yang menyebar kini, bahkan masih terlihat beberapa anak yang tak memakai masker dengan berbagai alasan. Dengan sabar, kelompok 22 menjelaskan tentang betapa pentingnya protocol kesehatan dan bahaya apa saja jika mengabaikannya.

Selain itu, anak-anak memang mudah sekali meremehkan cara mencuci tangan karena menganggap terkena air saja sudah cukup. Oleh karenanya kelompok 22 juga mempraktekkan cara mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun. Anak-anak pun memperhatikan dan mencoba mempraktekkannya secara serentak.

Untuk menambah keceriaan kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 17 September 2020 itu, para mahasiswa yang tengah menempuh semester 7 ini juga berbagi sembako, masker, serta probiotik yang telah mereka kumpulkan melalui uluran tangan banyak orang. Mereka melakukan donasi melalui media sosial Instagram @pmm.umm.sepanjang dimulai dari tanggal 6 September hingga 15 September. Dana yang terkumpul sebanyak Rp2.000.000 ini mereka gunakan untuk membeli sembako dan alat mandi dan dibagikan kepada anak-anak serta pengurus panti.

Sore itu penuh dengan tawa, semua orang tampak berbahagia. Bantuan kecil yang diberikan dan yang diterima telah mengembangkan senyum siapapun yang melihatnya. Kelompok di bawah bimbingan Firda Ayu Amalia SE., AK., M.SA. selaku Dosen Pembimbing Lapang (DPL) ini berharap bahwa tak hanya orang dewasa, tapi anak-anak juga memperhatikan kesehatan diri mereka masing-masing.

"Kita ingin mengingatkan kembali tidak hanya kepada orang-orang dewasa tapi juga ke anak-anak tentang protokol kesehatan. Selebihnya kami hanya ingin sedikit berbagi kepada mereka", Jelas Alvin Mifta. (mnd).

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x