Mohon tunggu...
Manajemen BencanaUnhan
Manajemen BencanaUnhan Mohon Tunggu... Program Studi Manajemen Bencana Universitas Pertahanan cohort 10

Progam studi bagian dari Universitas Pertahanan Indonesia yang berfokus pada Manajemen Bencana dalam perspektif keamanan dan ketahanan nasional.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengembangan Kapasitas, Mahasiswa Manajemen Bencana UNHAN Lakukan Kunjungan ke Badan Informasi Geospasial

15 Februari 2020   19:59 Diperbarui: 15 Februari 2020   19:54 14 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengembangan Kapasitas, Mahasiswa Manajemen Bencana UNHAN Lakukan Kunjungan ke Badan Informasi Geospasial
Dok. pribadi

Sebagai bagian dari pendalaman materi, Mahasiswa Manajemen Bencana Universitas Pertahanan berkesempatan melakukan study visit ke Badan Informasi Geospasial  Indonesia (13/2). Sebanyak 30 Mahasiswa mengikuti arahan dan berbagai kegiatan studi visit dengan antusias.


Kedatangan mahasiswa program studi Manajemen Bencana disambut langsung oleh Kepala Bidang Pemetaan Rupa Bumi Skala Kecil dan Menengah, Moh Fifik Syafiudin, ST, M,SC. Kegiatan diawali dengan pengenalan tentang Badan Informasi Geospasial (BIG) dan bagaimana peran BIG dalam pengkajian Geospasial di Indonesia.

Terkait dengan bidang kebencanaan, Mahasiswa juga mendapatkan penjelasan bagaimana pentingnya kajian Geospasial dalam upaya manajemen bencana oleh Kepala Bidang Pemetaan Kebencanaan dan Perubahan Iklim, Ferrari Pinem, S,SI. M,SC.

Tidak hanya mendapat penjelasan teoritis, mahasiswa juga diajak untuk melihat langsung alat yang dimiliki oleh BIG, yaitu GNSS CORS sebagai jaring kontrol yang berbentuk seperti antena. Alat ini berfungsi untuk mendapatkan lokasi koordinat secara real time. Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih memahami aplikasi ilmu pemetaan terutama dalam upaya manajemen bencana.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x