Mohon tunggu...
Muhammad AmmarJundi
Muhammad AmmarJundi Mohon Tunggu... Lainnya - Stay Postive! Perbanyak D.U.I.T (Doa, Usaha, Ikhtiar, Tawakal)

Salam Kenal dan Salam Sukses! Saya adalah seorang pekerja lepas yang selalu berfikir positif dan ingin berkembang setiap harinya. Pernah mengenyam pendidikan Ilmu Komunikasi di Institut Pertanian Bogor.

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Untuk Karyawan, Inilah Cara Mengurangi Dampak dari PHK!

21 September 2022   20:55 Diperbarui: 21 September 2022   21:17 240 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Belakangan saya mendapat kabar mengenai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang diberlakukan oleh salah satu perusahaan multinasional yang ada di Indonesia, yaitu Shopee. Hal ini menyebabkan beberapa kenalan saya terdampak imbasnya. Apa sebenarnya yang terjadi sampai perusahaan sebesar Shopee terpaksa melakukan PHK sampai 3% dari jumlah total karyawannya ini?

Dikutip dari Kompas.com, Radynal Nataprawira selaku Head of Public Affairs Shopee Indonesia mengatakan bahwa PHK ini dinilai sebagai langkah perusahaan guna menyesuaikan pola perubahan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan tersebut sebagai dampak dari perubahan kondisi ekonomi global.

"Kondisi ekonomi global menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi serta mengevaluasi prioritas bisnis agar bisa menjadi lebih efisien," Ucapnya kepada Kompas.com.

Ekonomi global memang sedang tidak baik-baik saja. Inflasi terus-menerus terjadi ditengah masyarakat global. Tak terkecuali di Indonesia. Pertengahan bulan September ini pemerintah telah resmi menerapkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). 

Hal ini banyak memercik respon negatif dari seluruh elemen masyarakat, meskipun tidak sedikit juga yang mendukung kebijakan ini. Dengan begini, bukan tidak mungkin perusahaan lain akan melakukan PHK seperti yang dilakukan Shopee di Indonesia.

Lantas apa yang harus dilakukan oleh para karyawan di Indonesia agar dampak dari PHK dapat dikurangi?

Berikut Langkah-langkahnya :

1. Memiliki Mindset Positif

Pikiran kita adalah kekuatan alam bawah sadar yang akan terbentuk menjadi realitas fisik. Pikiran kita bagaikan benih dalam pot yang ketika kita selalu menyiram dan memupuknya dengan usaha dan doa, lama-kelamaan benih tersebut akan bertumbuh menjadi tanaman mimpi kita. 

Ketika kita berfikir bahwa kita seorang pecundang, maka dunia akan benar-benar menjadikan anda seorang pecundang, bagaimanapun caranya. Tetapi ketika anda membayangkan dan yakin bahwa anda adalah seorang pemenang, cepat atau lambat anda akan menjadi seorang pemenang. Oleh karena itu penting untuk selalu berfikir positif dan yakin bahwa jalan menuju kesuksesan akan selalu terbuka.

Penulis akan sedikit bercerita tentang pengalaman pribadinya ketika menggunakan kekuatan pikiran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan