Mohon tunggu...
MamikSriSupadmi
MamikSriSupadmi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

KaderPosbindu. Pokja dan BinaLingkungan diDesa.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ananda Belajar Setengah Hari yang Penting Sepenuh Hati

3 April 2022   20:49 Diperbarui: 3 April 2022   20:52 317 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kisah Untuk Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Menyenangkan sekali menemani kanak kanak belajar berpuasa. Tahun ini, putra tersayang Tante yang membantu pekerjaan saya di toko belajar berpuasa. Usia TK besar,  sehabis Lebaran masuk kelas 1 SD; begitu ananda Abeezar setiap ditanya usianya berapa. Baru sehari saja Abee belajar berpuasa, ada ada saja cerita lucu Bundanya. Saya juga jadi teringat beberapa ponakan yang kecilnya dulu saya temani saat belajar berpuasanya.

Kebetulan Bunda Abeezar sedang halangan dan tidak berpuasa diawal Ramadhan ini. Sejak tadi malam Abee sudah ribut mengomando seisi rumah untuk tarawih. Saat sahur juga dengan semangat dia minta dibuatkan makanan masakan baru. Bukan makanan yang dihangatkan sisa semalam. 

Akhirnya Bunda langsung  mendapatkan inspirasi bahwa menu untuk Abee tersayang mudah mudahan tidak gampang gampang susah karena Bunda kan juga harus mempersiapkan menu untuk anggota keluarga yang lain. Secara tidak sengaja Abeezar siang hari mendengarkan cegukan sruput Bundanya yang minum air putih. 

Walaupun sudah sembunyi sembunyi waktu minumnya ternyata peka juga telinga dan sensitifitas Abeezar. Terpaksa Bunda berbohong dan mengarang indah untuk membetikan penjelasan pada anak Abeezar yang terus bertanya. 

Walhasil Bunda mendapatkan tambahan ilmu lagi tentang bagaimana benar benar harus bisa menjaga perilaku dari pengawasan sederhana putranya. Mudah mudahan besok besoknya tetap bisa menjaga amanah ya, sehingga tidak perlu gugup berbohong.

Berikut resep sederhana rancangan dari Bunda Abeezar agar putra semangat berbuka dan sahur.

1. Sewaktu sahur usahakan jangan menyajikan masakan yang dihangatkan. Oseng dan ca sederhana bayam, kangkung, kacang panjang serta tauge yang dikombinasikan udang, bakso, sosis bisa menjadi pilihan.

2. Susu putih atau coklat hangat sepertinya  lebih pas untuk diteguk saat bersahur.

3. Selain teh hangat, buah buahan warna warni yang dipotong juga bisa menyemangati putra putri saat berbuka. Bubur atau takjil minuman dengan santan yang tidak terlalu kental atau bisa diganti cairan santan dengan susu full cream yang tidak manis juga diharapkan tidak memberi efek begah dibadan. Kalau begah , badan rasanya akan lebih malas untuk beraktifitas .

4. Kudapan kukus yang lezat seperti telur sembunyi, pepes tahu telur kemangi, garang asem ikan atau ayam yang dikukus juga rasanya tetap gurih dan lezat. Puding, agar agar dan jelly warna warni boleh juga dibuat dengan bentuk yang lucu lucu agar Ananda semangat sepanjang bulan.

5. Yang terakhir, kompak dengan anggota keluarga lain untuk menjaga situasi kondisi tetap terjaga selaras alias kondusif untuk bisa beribadah secara bersama dan menyenangkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan