Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan Perpusnas

Belajar Menulis Kepustakawanan dan Perpustakaan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Wawancara Penelitian Layanan ISBN

11 Januari 2024   15:27 Diperbarui: 11 Januari 2024   16:46 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 sumber gambar Pusbiola

Pagi ini pukul 07.00 wib, kamis 11 Januari 2024 bertempat di Gedung A Lantai 2 Perpusnas Salemba Raya no. 28 A Jakarta, Saya diagendakan menerima wawancara dari Retno, Mahasiswa S2 Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia. Wawancara ini berkaitan dengan penelitian untuk penyusunan Tesis nya Retno.

Wawancara berkaitan dengan Ketidakrelevanan kebijakan ISBN sebelumnya disertai dengan adanya pengawasan Badan ISBN Internasional, mendorong pengembangan kebijakan ISBN baru di Perpusnas RI. Terbitnya Peraturan Perpustakaan Nasional Nomor 5 Tahun 2022 tentang Layanan Angka Standar Buku Internasional (ISBN) telah memicu beragam reaksi dari penerbit di seluruh Indonesia. Tujuan wawancara Mengidentifikasi dampak kebijakan ISBN kepada penerbit di Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan ketersediaan informasi di Masyarakat.

Dalam awal wawancara, saya sampaikan bahwa Provinsi masuk Jawa Barat termasuk dalam 5 besar sebagai provinsi yang terbesar jumlah penerbitnya dan juga masuk 5 besar sebagai provinsi terbesar dalam kajian kegemaran membaca.

Berdasarkan Progress report tahun 2021, International ISBN Agency mulai mengeluarkan beberapa pertanyaan tentang penggunaan ISBN di Indonesia yang mengalami lonjakan sangat signifikan dan dianggap mengalami ketidakwajaran dalam penerapannya. Monitoring terus dilakukan sampai akhirnya Perpustakaan Nasional mengambil langkah strategis berupa kebijakan penataan kembali layanan ISBN di Indonesia. Yang dituangkan dalam Perpustakaan Nasional mengeluarkan Peraturan Perpustakaan Nomor 5 tahun 2022 Tentang. Layanan Angka Standar Buku Internasional (International Standard Book Number


Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun