Mohon tunggu...
M. Ali Amiruddin
M. Ali Amiruddin Mohon Tunggu... Guru - Penulis Biasa

Warga negara biasa yang selalu belajar menjadi pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Manfaat Kunyit untuk Pembunuh Bisul

10 Oktober 2020   08:15 Diperbarui: 10 Oktober 2020   08:34 600 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang bermanfaat untuk pengobatan, salah satunya bisul (jawapos.com)

Mungkin Anda akan begitu banyak membaca betapa rempah-rempah di negeri ini memiliki aneka warna dan rupa. Dari yang bisa dimanfaatkan bumbu masakan, ramuat obat-obatan, maupun sebagai manfaat lain yang sudah banyak diuji dan dikembangkan.

Salah satu rempah-rempah yang sampai sekarang masih familier di kalangan ibu-ibu yang suka memasak, ternyata rempah ini juga dikenal sejak nenek moyang tempo dulu sebagai bagian warisan untuk pengobatan. Yap, banyak penyakit yang disembuhkan dengan aneka rempah yang banyak tumbuh di negeri ini.

Apa nama rempah-rempahnya? Ini lho, kunyit. Kunyit adalah salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan secara baik sebagai bahan bumbu masakan, untuk campuran obat herbal, jamu, maupun ramuan pembalur yang begitu banyak manfaatnya.  Rempah-rempah yang memiliki warna kuning terang ini ternyata menjadi salah satu tanaman yang berkhasiat obat. Bahkan kunyit juga dikenal sebagai bahan untuk pembuat kosmetika. Jadi sangat jelas kan, kalau kunyit ini memiliki segudang manfaat.

Sebagaimana yang dirilis oleh wikipedia "Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. ... Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae." (Wikipedia.org) 

Sehingga, secara tidak langsung kita merupakan penduduk yang begitu banyak bersentuhan dengan salah satu rempah-rempah yang begitu banyak manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari.

Berbekal informasi internet, kuobati bisul dengan kunyit

Saat ini tidak sulit kita menemukan informasi yang bisa dijadikan rujukan dalam membantu mengatasi masalah pribadi. Seperti beragam penjelasan yang begitu banyak bertebaran di jagat internet, yang mau tidak mau secara langsung maupun tidak pun kita nikmati. 

Bahkan tidak hanya dinikmati sebagai bahan literasi yang baik, karena dengan membaca informasi tersebut paling tidak banyak hal yang sebelumnya tidak kita pahami sedikit demi sedikit memperkaya pengetahuan kita. Dengan syarat harus betul-betul informasi yang valid, sumbernya jelas dan dapat dipercaya.

Dengan berbekal informasi di internet dan beberapa buku yang sempat saya baca, tiba-tiba saya tertarik memanfaatkan informasi itu untuk menmgobati sakit bisul yang tumbuh di dada.

Bisul yang menurut medis adalah benjolan berisi nanah karena faktor-faktor tertentu tersebut cukup mengganggu dan sakit dirasakan. Bayangkan selama tiga hari merasakan bisul tersebut rasanya nyut-nyut. Bagian dada terasa sakit dan bengkak semakin besar jika tidak sengaja tersentuh benda tumpul. Bahkan saya coba untuk mengeluarkan nanahnya dan menggunakan kompres air hangat, ternyata bisul itu tidak juga sembuh. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan