Mohon tunggu...
M Aldi Nurohman
M Aldi Nurohman Mohon Tunggu... Lainnya - akun berbagi cerita

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Kemampuan dan Penerapan Leadership dalam Organisasi

25 November 2021   22:13 Diperbarui: 25 November 2021   22:16 408
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seorang Pemimpin. Sumber:jojonomic.com

Halo pamiarsaa.... Kembali lagi dalam artikel mingguanku. Kali ini aku ingin mengajak kalian semua para pembaca untuk sama-sama belajar tentang leadership atau yang sering kita sebut kepemimpinan. Istilah leadership tentu tidak asing lagi bagi kita semua, apalagi yang bekerja dalam perusahaan atau orang yang bergabung dalam organisasi pasti familiar dengan istilah ini. Penerapan leadership sendiri sebenarnya sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW, dimana sikap dan perilaku dalam memimpin sangat patut oleh dicontoh oleh kita sebagai umatnya pada era modern ini. Di dalam Al Quran juga banyak dalil tentang kepemimpinan. Kita ambil contoh saja surah Shod ayat 26 yang memiliki makna bahwa pemimpin tidak boleh memberikan keputusan yang semena-mena dan harus berlaku adil kepada siapapun.

Sebelum kita lebih mendalami tentang leadership, kita harus paham dulu apa itu leadership? Menurut Sutarto, leadership adalah rangkaian dari kegiatan penataan yang berupa kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dalam situasi tertentu, sehingga bersedia untuk bekerja sama demi tercapainya tujuan yang sudah ditetapkan. Dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa leadership itu kegiatan mengatur atau mempengaruhi orang lain agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Untuk menjadi seorang pemimpin memang tidak mudah. Banyak cobaan yang pasti akan dihadapi oleh seorang pemimpin. Ambil saja contoh kecil dari kepemimpinan yaitu dalam lingkungan keluarga. Pemimpin rumah tangga adalah seorang ayah atau bapak. Bapak selain mencari nafkah juga dituntut untuk mengarahkan dan membimbing istri dan anaknya agar menjadi pribadi yang berkelakuan baik. 

Kadang dalam keluarga tidak terjadi kesepahaman atau kesepakatan dalam pemikiran dan tindakan. Apabila bapak sebagai pemimpin keluarga tidak turun tangan untuk mengarahkan anggota keluarganya. Maka akan terjadi kekacauan dalam keluarga itu. Begitu pula dalam organisasi atau perusahaan. Apabila ada karyawan yang melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan perusahaan, maka itu akan menjadi bom waktu yang bisa saja meledak sewaktu-waktu apabila tidak diselesaikan dengan segera. Kinerja dan produktivitas karyawan bisa merosot akibat masalah tersebut.

Seorang pemimpin harus mempunyai kemampuan atau kekuatan lebih agar bisa mengatur atau memanajerial karyawannya. Kemampuan yang harus dimiliki yaitu:

  • Kemampuan untuk selalu konsisten


Seorang pemimpin harus konsisten dengan apa yang sudah dibuat dan disepakati bersama. Apabila kesepakatan atau keputusan selalu berubah-ubah maka akan membuat karyawan menjadi marasa cemas karena karena keputusan dari pimpinan yang selalu berganti.

  • Kemampuan untuk selalu bersikap optimis

Seorang pemimpin harus menjaga kondisi karyawannya agar selalu bersemangat dan bergairah dalam bekerja. Pemimpin yang selalu bersikap optimis akan membawa nuansa yang baik dalam perusahaan sehingga hal ini dapat mempengaruhi kinerja karyawan.

  • Kemampuan berkomunikasi

Kemampuan komunikasi harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Kemampuan ini penting karena setiap hari pemimpin pasti berkomunikasi dengan karyawannya. Apabila pemimpin tidak punya kemampuan komunikasi maka akan sering sekali terjadi misscom yang kadang bisa berakibat fatal bagi perusahaan

  • Kemampuan mendengarkan

Selain berkomunikasi, seorang pemimpin juga dituntut untuk menjadi pendengar yang baik kepada karyawannya. Karyawan adalah orang yang terjun langsung dalam pekerjaan, pasti mereka memiliki usul atau pendapat tentang perusahaannya. Pemimpin tidak boleh anti kritik, karena bisa saja itu merupakan masukan yang bagus kepada perusahaan agar semakin maju.

  • Kemampuan organisasi

Kemampuan organisasi disini adalah kemampuan untuk membagi setiap karyawan ke dalam divisi atau bagian yang sesuai dengan karyawan. Selain itu kemampuan ini menuntut pemimpin untuk memantau karyawan seperti kinerjanya dan lain sebagainya

  • Kemampuan kepedulian

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun