Mohon tunggu...
Malahayati Damayanti Firdaus
Malahayati Damayanti Firdaus Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Diponegoro

Saya adalah pribadi yang menyukai isu sosial.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Ayo, Jangan Takut untuk Cek Kesehatan

16 Agustus 2022   00:12 Diperbarui: 16 Agustus 2022   00:13 324
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Poster edukasi mengenai cek kesehatan (dokpri)

Memasuki usia awal 40 tahun merupakan usia yang rawan sekali untuk terjangkit Penyakit Tidak Menular (PTM). Pada usia ini pula biasanya para penyakit tersebut mulai menunjukkan gejalanya, namun bukan gejala yang ringan lagi melainkan taraf sedang hingga berat. Sebut saja penyakit seperti stroke, hipertensi, diabetes, dan lainnya. Jika hal tersebut tidak ditangani dengan cepat, disinyalir akan menimbulkan komplikasi di kemudian hari.

Permasalahan yang ada di Desa Kemambang justru banyak masyarakat di usia tersebut yang merasa ragu untuk melakukan cek kesehatan secara berkala, dikarenakan merasa takut akan diagnosis yang mungkin muncul nantinya. Padahal, jika melakukan cek kesehatan rutin, penyakit akan lebih cepat ditemukan dan pengobatan bisa dilakukan lebih awal dan lebih ringan.

Inilah yang menjadi inisiasi adanya sosialiasi mengenai pentingnya cek kesehatan secara rutin yang dilakukan oleh anggota KKN Tim II Undip di Desa Kemambang, dengan menggunakan poster sebagai media utama dijelaskan fungsi cek kesehatan yang perlu dilakukan secara berkala dan macam-macam cek yang dilakukan.

Harapannya dengan adanya cek kesehatan tersebut akan membangun kesadaran warga untuk dapat melakukan cek kesehatan secara rutin dan berkala dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan secara gratis oleh pemerintah secara rutin dan berkelanjutan

Penulis: Malahayati Damayanti Firdaus (Keperawatan 2019)

Lokasi: Desa Kemambang, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang

DPL: Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun