Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Konsultan - Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Benarkah Pesawat AWACS dan Komando Rusia Ditembak Jatuh Ukraina?

20 Januari 2024   15:19 Diperbarui: 20 Januari 2024   15:33 373
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: AWACS 50-U Rusia + jetphotos.com

Belum lama ini ramai diberitakan di media dalam dan luar negeri tentang ditembak jatuhnya pesawat peringatan dini atau AWACS dan Komando Rusia oleh Ukraina.

Banyak pengamat militer selalu percaya bahwa pesawat peringatan dini berukuran besar tidak akan bisa ditembak jatuh musuh, karena radius kendali radar yang kuat dari pesawat peringatan dini selalu dapat menjaga peringatan dini di luar jangkauan rudal lokal, bahkan jika musuh memiliki rudal yang cukup jangkauannya, akan sulit untuk mendekati pesawat peringatan dini.

Namun pandangan di atas telah gagal di medan perang Ukraina. Menurut Global Network dan Media dalam negeri, penembakan jatuh sebuah pesawat peringatan dini baru saja terjadi di medan perang Rusia-Ukraina. Pesawat peringatan dini A-50 Rusia dan pesawat komando udara IL-22M terkena rudal. Ini adalah berita mengejutkan yang dilaporkan bersama oleh Rusia dan Ukraina.

Ukraina mengklaim pada 14 Januari sekitar jm 9 malam, telah menembak jatuh pesawat peringatan dini A-50U Rusia dan pesawat komando udara IL-22 di atas Laut Azov di Berdyansk, kata Panglima Angkatan Bersenjata Ukraina Valeriy Zaluzhny di media sosial "Telegram " saluran Pasukan pertahanan udara Ukraina menembak jatuh sebuah pesawat peringatan dini A-50U Rusia dan sebuah pesawat komando udara Il-22 di Laut Azov.

Ukraina mengklaim bahwa pesawat peringatan dini A-50U Rusia ditembak jatuh oleh sistem rudal pertahanan udara "Patriot" PAC-2 milik Angkatan Udara Ukraina, sedangkan pesawat komando udara IL-22M ditembak jatuh oleh sistem rudal pertahanan udara S-400 buatan Rusia milik Ukraina.

Banyak akun media sosial Rusia juga memposting postingan yang mengkonfirmasi kejadian tersebut, menyatakan bahwa pesawat peringatan dini A-50U jatuh di Laut Azov, sedangkan pesawat komando udara IL-22M melakukan pendaratan darurat di Bandara Anapa. Pesawat komando udara Il-22 berhasil kembali ke darat setelah terkena rudal, namun penumpangnya terluka.Belum ada kabar pesawat peringatan dini A-50U kembali ke bandara. Diperkirakan jatuh ke dalam laut.

Hingga berita ini diterbitkan, pejabat Rusia belum mengakui bahwa pesawat peringatan dini A-50 ditembak jatuh. Situs web "Military Review" Rusia menyatakan bahwa Sekretaris Pers Kepresidenan Rusia Peskov mengatakan pada tanggal 15 Januari 2023 bahwa Kremlin tidak memiliki informasi tentang jatuhnya pesawat Rusia. Mayor Jenderal Vladimir Popov, seorang pilot kehormatan militer Rusia, mengatakan A-50 biasanya terbang di wilayah udara aman jauh dari garis depan, dengan jarak 100-150 kilometer dari garis depan. Dalam hal ini, cukup sulit untuk menembak jatuhnya. Menurut data dari "Military Balance", pada tahun 2022, tentara Rusia memiliki 3 A-50 dan 6 A-50U yang ditingkatkan.

Situs web "RBC-Ukraina" memberikan rincian lebih lanjut pada tanggal 15 pagi,  Wakil Ketua Dewan Keamanan Negara, Pertahanan dan Intelijen Verkhovna Rada Ukraina Yuri Mysiakin mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang tindakan pasukan pertahanan udara Ukraina. Sekitar pukul 21:10 hingga 21:15 pada tanggal 14 Januari, sebuah A-50U Rusia ditembak jatuh oleh rudal permukaan-ke-udara di atas Berdyansk. Menghilang dari layar radar . Selanjutnya, sebuah pesawat komando udara IL-22M terkena rudal dan terluka, dan pesawat tersebut melakukan pendaratan darurat di Bandara Anapa.

Tentara Ukraina memantau komunikasi radio antara pesawat Il-22M Rusia dan operator bandara ketika melakukan pendaratan darurat, serta konten komunikasi radio Bandara Anapa yang menyerukan ambulans dan truk pemadam kebakaran. Tentara Ukraina mengklaim bahwa Pesawat peringatan dini A-50U Rusia diitembak jatuh oleh sistem rudal pertahanan udara "Patriot" PAC-2.

Sumber: militarytoday.com
Sumber: militarytoday.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun