Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Laut Tiongkok Selatan Memanas, AS Cenderung Ofensif, Tiongkok Merespon Sekutu AS dan Beberapa Negara Numpang Panggung

19 April 2021   16:28 Diperbarui: 8 Mei 2021   19:22 611 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Laut Tiongkok Selatan Memanas, AS Cenderung Ofensif, Tiongkok Merespon Sekutu AS dan Beberapa Negara Numpang Panggung
Sumber: chindia-alert.org

AS dan Tiongkok saling mengerahkan sejumlah besar kapal perang di Laut Tiongkok Selatan (LTS). Militer AS cenderung ofensif, AL-Tiongkok (AL-PLA) merespon dengan kekuatan besar.

Seperti yang telah penulis posting pada tulisan yang lalu gugus tempur kapal induk USS Theodore Roosevelt pada 5 April lalu melakukan provokasi wilayah yang dikontrol Tiongkok di LTS, dan PLA merespon dengan strategi sistem pertahanan "Four in One" -- "Pocket Array"

Sedang gugus tempur kapal induk AL-PLA "Liaoning" melakukan perjalanan ke Pasifik Barat untuk melakukan pelatihan di laut terbuka. Situasi ini menunjukkan kemampuan penanggulangan PLA yang kuat sangat menakutkan bagi AS. Dari fakta bahwa gugus kelompok penyerang kapal induk USS Theodore Roosevelt menghadapi penguncian strategis PLA dan segera melepaskan diri dari kontak militer.

Oleh karena itu, sejauh menyangkut situasi saat ini, opsi terbaik bagi gugus tempur kapal induk AS USS Theodore Roosevelt menarik mundur dari wilayah LTS ini sesegera mungkin.

Sejauh ini menurut pengamat belum ada berita penarikan USS Theodore Roosevelt dari LTS, namun sebelum USS Theodore Roosevelt menerobos LTS, Liaoning PLA telah melaut.

Menurut laporan dari Staf Komprehensif dan Departemen Pengawasan Kementerian Pertahanan Jepang, pada pukul 8 pagi pada tanggal 3 April, Pasukan Bela Diri Maritim Jepang menemukan kapal induk AL-PLA Liaoning, kapal perusak besar berbobot besar Type 055 pertama Nanchang, kapal perusak berpeluru kendali 052D Chengdu, Taiyuan dan fregat Laut 054A Huanggang dan kapal pemasok terpadu Hulunbeir, 6 kapal permukaan, memasuki Pasifik barat melalui perairan antara Okinawa dan Pulau Miyakojima untuk pelatihan laut terbuka. Baca:

Gugus Tempur Kapal Induk AS Nyaris Bentrok Dengan Tiongkok Awal April Di Laut Tiongkok Selatan 

https://www.kompasiana.com/makenyok/6076cbc78ede4842a0188134/gugus-tempur-kapal-induk-as-nyaris-bentrok-dengan-tiongkok-awal-april-di-laut-tiongkok-selatan

Menurut informasi yang dilaporkan "Aviation Vision", saat ini terdapat gugus tempur kapal induk USS Theodore Roosevelt (CVN71) dan USS Ronald Reagan (CVN76), USS Mackin Island (LHD8), dan kapal serbu amfibi USS LHA6.

Di antara mereka, USS Theodore Roosevelt (CVN71) dan USS Mackin Island sedang melakukan tugas pengerahan tempur dan memprovokasi di LTS.

AL AS saat ini memiliki 11 kapal induk dan 9 kapal serbu amfibi. Menurut berita yang dirilis AL AS, saat ini terdapat 2 kapal induk dan 2 kapal serbu amfibi di kawasan Asia-Pasifik, diantaranya kapal induk USS Roosevelt CVN71 dan USS Mackin Island (LHD8), di LTS, Kelompok penyerang kapal amfibi Golden Island.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
VIDEO PILIHAN