Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Artikel Utama

Mengamati Percepatan Produksi Jet Tempur Tiongkok

6 April 2021   17:58 Diperbarui: 7 April 2021   08:17 1216 12 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengamati Percepatan Produksi Jet Tempur Tiongkok
Jet tempur F-35 Lightning II. (Sumber: Thinkstock via KOMPAS.COM)

Akhir-akhir ini banyak pengamat dan pemerhati Tiongkok yang melihat produksi jet tempur Tiongkok terlihat dipercepat.

Kapasitas produksi jet tempur Tiongkok tampaknya telah dipercepat, 28 unit jet tempur J-10C dibuat dalam sebulan dan 7 unit jet tempur J-20 juga diproduksi secara kebetulan bersamaan. Dan jenis jet-jet tempur ini terlihat diparkir di bandara komplek pabrik.

Alutsista canggih buatan Tiongkok dan kapasitas produksi selalu menjadi perhatian mayoritas penggemar militer. Pada umumnya semakin canggih peralatan tersebut, semakin rendah outputnya atau kapasitas produksinya, ini sudah merupakan hukum alami. 

Misalnya, produksi jet tempur siluman J-20 yang tampaknya selalu menjadi misteri, juga jarang sekali terlihat sejumlah besar foto jet tempur ini yang keluar dari pabriknya dengan jumlah besar.

Sumber: dwnews.com
Sumber: dwnews.com
Namun ada foto baru yang menunjukkan konten berbeda. Dari foto ini kita bisa melihat total ada 28 jet tempur J-10C dan 7 pesawat siluman J-20 terparkir rapi di area pabrik dan hanggar bercat kuning pabrik, bukan cat baru AU-PLA yang visibilitas rendah, ini juga menunjukkan bahwa pesawat tempur yang berbaris rapi ini dalam keadaan siap untuk dikirim keluar oleh pabrik, bukan peralatan yang telah digunakan.

Penampilan seragam dari 28 pesawat tempur J-10C juga dapat mengkonfirmasi pernyataan ini. Lebih banyak J-10C secara bertahap akan menggantikan beberapa model lama yang tersisa di AU-PLA dan menjadi kekuatan utama AU-PLA selain pesawat tempur bermesin ganda. Model top beam.

Terdapat juga 7 jet tempur siluman J-20 dalam frame yang sama dengan 28 jet tempur  J-10C. Sedikit perbedaan adalah ketujuh jet tempur siluman J-20 ini tidak diparkir di udara terbuka, melainkan tetap di hanggar. 

Dua perlakuan yang berlawanan ini tidak sulit untuk dipahami. Bagaimanapun, J-20 adalah jet tempur siluman, yang mahal dan secara inheren mahal, dan itu normal untuk diletakkan di hanggar.

Pesawat siluman J-20 dengan cat kuning pabrik sebenarnya sudah pernah muncul di masa lalu, namun jumlahnya tidak sebanyak saat ini. Sebanyak 7 J-20 ex. pabrikan yang sudah dicat dalam bingkai yang sama menunggu pengiriman. 

Foto-foto demikian relatif jarang. Di saat yang sama, ini juga bisa menunjukkan dari sisi kapasitas produksi massal jet tempur siluman J-20 telah mencapai level yang lebih tinggi dan dikirim dalam kurun satu waktu. 

Tujuh bukanlah masalah. Hal ini tidak terbayangkan dan dapat dibandingkan dengan tahap awal produksi massal jet tempur siluman J-20 di masa lalu, hal ini juga menandakan bahwa jumlah jet tempur siluman generasi kelima AU-PLA akan segera mengalami peningkatan yang sangat besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN