Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Mengenal DOC dan COC untuk Laut Tiongkok Selatan

17 Juni 2017   10:46 Diperbarui: 18 Juni 2017   07:08 3353 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal DOC dan COC untuk Laut Tiongkok Selatan
Sumber: http://www.philstar.com

Apa itu DOC dan COC untuk Laut Tiongkok Selatan?

Mungkin dari masyarakat kita masih ada yang ingin mengetahui apa itu DOC dan COC untuk isu-isu Laut Tiongkok Selatan (LTS).

DOC = Declaration on the Conduct of Parties in the South China Sea / Deklarasi tentang Perilaku Para Pihak di Laut Tiongkok Selatan.

COC = Code of Conduct / Kode Etik : berfungsi sebagai titik acuan saat masalah dan ketegangan muncul dan dasar untuk negosiasi kode etik formal tentang isu-isu Laut Tiongkok Selatan.

"DOC" adalah dokumen penting Tiongkok dan negara-negara ASEAN, terkait untuk menyatakan sikap bersama pada tahun 2002. Ini hanya menetapkan prinsip panduan untuk menyelesaikan masalah LTS, Deklarasi tentang Perilaku Para Pihak di Laut Cina Selatan (DOC) belum memenuhi misinya dalam membangun kepercayaan yang lebih besar antara negara-negara penggugat dan mencegah perselisihan menjadi meningkat. Prinsip-prinsip ini tidak memiliki hubungan dengan hak atau kewajiban. Itu lebih merupakan pengulangan kerangka hukum internasional yang sudah ada, dan keinginan untuk menyelesaikan perselisihan dengan resolusi damai. "DOC" hanya memainkan peran untuk memaksakan batasan moral pada pihak-pihak terkait.

"COC" dapat dianggap memiliki kondisi yang bahkan lebih konkret, dan secara lebih rinci, membatasi perilaku negara. Jadi kita mengatakan bahwa "COC" belum meninggalkan "DOC" --- ini adalah peningkatan dari "DOC".  "COC"  telah menambahkan secara lebih rinci dan tindakan konkret untuk membentuk dokumen hukum internasional yang lebih mengikat.

Sebenarnya yang perlu ditekankan adalah bahwa "DOC" itu bukan tanpa kekuatan yang mengikat. Janji yang dibuat untuk negara-negara tersebut sebenarnya dipandang terkait dengan hak dan kewajiban negara. Setidaknya sama-sama berfungsi sebagai titik acuan saat masalah dan ketegangan muncul dan dasar kode etik formal untuk negosiasi (formal code of conduct / COC).

Sekarang negara-negara ASEAN dan Tiongkok terus melakukan perundingan untuk COC, penting bagi semua pihak yang berpartisipasi untuk mengatasi celah-celah DOC saat mereka mendiskusikan dan menegosiasikan COC.

Pendinginan isu-isu Laut Tiongkok Selatan

Pada tanggal 4 Juni, Dialog Shangri-La ke-16 berakhir di Singapura. Selama tiga hari Dialog Shangri-La, perwakilan dari berbagai negara dengan panas mendiskusikan kerjasama keamanan Asia-Pasifik dan isu-isu regional yang panas.

"Tata-tertib/peraturan" menjadi topik panas  dalam dialog kali ini. Pada saat yang sama isu LTS yang menjadi menarik dalam perdebatan tahun lalu juga banyak di minati tahun ini. Faktor apa saja yang berperan dibalik pedinginan isu LTS?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
VIDEO PILIHAN