Mohon tunggu...
Maisaroh Rahmawati
Maisaroh Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa

Jika kau ingin hidup 1000 tahun, maka menulislah!!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Keanekaragaman Bahasa Daerah di Indonesia

8 November 2020   10:47 Diperbarui: 8 November 2020   11:02 4849 0 0 Mohon Tunggu...

Keberagaman bahasa di indonesia


Berbicara tentang keberagaman bahasa tentunya kalian sudah tau kan bahwa Indonesia memiliki keberagaman bahasa yang baanyak sekali, mulai dari bahasa Jawa, Sunda, Melayu, Bata, Madura, Betawi dan masik banyak bahasa daerah lainnya yang tidak mungkin disebutkan satu persatu.  

Awal mula adanya keberagaman bahasa dikarenakan adanya isolasi kebudayaan yaiitu nenek moyang kita pada zaman dahulu berpergian menjelajahi berbagai daerah dalam proses inilah yang akhirnya terbentuk bahasa-bahasa baru yang sesuai dengan kondisi alam, makanan dan makhluk  hidup lainnya. Dari situlah keberagaman bahasa tercipta. 

Dari beragam bahasa yang ada di Indonesia bahasa yang pertama kali digunakan adalah bahasa jawa purba, Jawa purba ditemukan sekitar abad ke-7 namun seiring berjalannya waktu akhirnya pada abad ke-9 jawa purba digantikan dengan jawa kuno.   Hal ini menunjukkan bahwa bahasa jawa adalah bahasa tertua di Indonesia.

Indonesia adalah negara yang terletak di benua Asia tenggara. Indonesia merupakan negara yang memiliki pulau yang terbesar didunia, serta memiliki suku dan bangsa yang terbesar di muka bumi yakni terdiri kurang lebih 1120 suku bangsa yang tersebar di 34 provinsi. 

Data itu dinyatakan oleh BPS  dikarenakan banyaknya suku yang berada di Indonesia. Selain terdapat banyaknya suku dan bangsa, Indonesia sendiri memiliki bahasa yang khas dari setiap suku tersebut dan ini juga bisa mempengaruhi budaya yang tercipta dari daerah yang dimaksud. 

Inilah yang membuat Indonesia menjadi negara yang memiliki keragaman suku dan budaya yang khas di dunia, diantaranya kurang lebih dari 652 bahasa daerah yang telah dididentifikasi dan divalidasi akan tetapi hampir dari 160 bahasa daerah yang ada di Indonesia terancam punah karena tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, Ini semua disebabkan oleh kurangnya pembelajaran tentang berbahasa daerah di sekolah maupun di lingkingan sekitar.  Oleh sebab itu kita sebagai bangsa indonesia harus bisa menjaga keragaman bahasa yang kita miliki

Akan tetapi dengan adanya keberagaman bahasa yang ada di Indonesia tentunya kita harus bangga dengan menjadikan bahasa daerah yang unik dan tentunya sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia yakni Bhinneka Tunggal Ika yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. 

Untuk mengatasi keberagaman bahasa yang ada di Indonesia, negara Indonesia sudah meresmikan penggunaan bahasa indonesia menjadi bahasa pemersatu bangsa, Dan dengan adanya bahasa pemersatu ini membuat bangsa Indonesia hidup lebih damai karena mengurangi ke salah pahaman yang disebabkan oleh perbedaan budaya, suku maupun bahasa yang digunakan dalam sehari hari.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x