Mohon tunggu...
Maira Ressa
Maira Ressa Mohon Tunggu... Myrressa

Made with ♡

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Provinsi Jambi Istimewa

22 Maret 2021   13:51 Diperbarui: 22 Maret 2021   13:55 44 1 0 Mohon Tunggu...

Provinsi Jambi ini Istimewa
Sudah pernahkah ke jambi? Provinsi dan kota yang tidak begitu besar dibanding kota lainnya namun memiliki keistimewaan dan memiliki hal-hal unik disetiap pelosok Jambi dari Ujung Jabung Timur hingga ke Kerinci. Ada berbagai hal yang unik dan istimewa di Jambi seperti makanan khas Jambi dan , bahasa yang digunakan berbeda-beda ditiap kabupaten hingga kekayaan alam dipelosok Kerinci. Baiklah mari kita bahas satu persatu keistimewaan Jambi.

Yang pertama mari kita bahas tentang makanan dan ikat kepala khas Jambi terlebih dahulu. Apakah kalian pernah mendengar yang namanya "tempoyak". Yapps gulai tempoyak adalah makanan khas Jambi yang bahan utama atau bahan dasarnya ialah Durian.daging buah durian difermentasi sehingga aromanya yang menyengat dengan cita rasa khas yang keasam-asaman. Setiap rumah makan di Jambi menyediakan gulai tempoyak yang sering dimasak dengan ikan fatin, ini membuat rasa gulai tempoyak memiliki rasa khas yang lebih gurih. Selanjutnya ialah tentang ikat kepala khas Jambi, digunakan oleh laki-laki dan perempuan. Yang dipakai oleh laki-laki disebut Lacak sedangkan yang digunakan oleh perempuan ialah Tengkuluk. Lacak dan tengkuluk merupakan salah satu kekayaan negeri Jambi, yang merupakan symbol kewibawaan , kebijaksanaan dan status social pemakainya.

Di provinsi Jambi memiliki 11 kabupaten/kota namun disetiap kabupaten di Jambi memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda. Ini adalah keistimewaan tersendiri untuk Jambi karena memiliki bahasa yang berbeda-beda namun tak pernah merendahkan satu sama lain. Salah satu kabupaten di Provinsi Jambi yang bernama Kabupaten Kerinci lebih dominan tentang penggunaan bahasa yang berbeda-beda. Disetiap desa dikerinci memiliki bahasa yang berbeda-beda, bayangkan saja desa di kerinci berjumlah puluhan desa, dan begitu pun bahasa di setiap desanya. 

Namun walaupun mereka memiliki bahasa yang berbeda-beda tapi mereka mengerti apa yang disampaikan oleh bahasa desa lain hanya saja dia tidak bisa berbicara atau berkomunikasi dengan bahasa desa lain namun mereka bisa mengerti satu sama lain. Ini adalah hal terunik dan kekayaan budaya yang Jambi miliki.

Selanjutnya mari kita membahas tentang kekayaan yang juga tersembunyi di Kabupaten Kerinci, Kerinci adalah kekayaan tersendiri untuk Provinsi Jambi. Kerinci memiliki banyak kekayaan seperti memiliki salah satu perkebunan teh yang terbesar di Indonesia luasnya mencapai 25 ribu hectare yang menghijau di kaki gunung Kerinci, ini membuat pesona alam semakin indah dan memukau, siapapun yang melihatnya mata menjadi termanjakan oleh keindahan lam yang tidak bisa dilihat dikota-kota besar.  

Kebun teh tersebut berada dibawah kaki gunung kerinci yang menunjang tinggi mencapai awan-awan, kemegahan gunung Kerinci dan keindahan kebun teh dipadukan menjadi sebuah keindahan yang luar biasa, mereka juga diselimuti dengan hawa sejuk dari teduhnya hawa Kerinci, Kabupaten Kerinci adalah kota yang masih asri yang juga memiliki danau yang cukup luas mencapai 46km. danau tersebut bernama Danau Kerinci yang memiliki berbagai ragam ikan didalamnya, yang memiliki air yang sangat jernih dan juga keindahan yang tak kalah cantik. Actually guys, masih banyak keindahan dan wisata-wisata yang menarik di setiap sudut Kerinci. Jika kalian ke Jambi jangan lupa untuk menginjakkan kaki ditanah dan negeri yang sejuk itu, kalian tidak akan kecewa jika berkunjung kekabupaten sejuk yang tak bersalju ini.
 
Setiap kota dan provinsi memiliki keistimewaan yang berbeda-beda, di provinsi Jambi tidak hanya Kerinci saja yang menggoda dengan segala keindahan nya namun kabupaten lainnya juga memiliki keindahan lain, namun akan sangat panjang dan rinci jika saya menjelaskan disini secara keseluruhan :D saya wajibkan dan mengharuskan kalian untuk berkunjung ke Jambi dan telusuri hal-hal menarik yang sudah saya tuangkan disini, saya harap destinasi di Jambi dan Kerinci bisa membaut kalian tertarik dan berencana berkunjung. Serta selalu jaga kesehatan dimasa pandemic ini guys...

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x