Mohon tunggu...
Mahowa Fathor
Mahowa Fathor Mohon Tunggu... jalani nikmati sesali

alhamdulilah

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Saldo E-Toll yang Naik 6

3 Desember 2019   19:01 Diperbarui: 3 Desember 2019   19:11 0 0 0 Mohon Tunggu...

PT Jasa Marga Tbk (JSMR) menyebutkan akan terjadi penyesuaian tarif tol karena dua tahun terakhir tak ada kenaikan. Untuk itu di tahun depan diperkirakan penyesuaian tarif pada 2020 diperkirakan akan mencapai 6-7%. Jasa Marga sudah ancang-ancang jadwal kenaikan Tol Jagorawi dan Dalam Kota. "Kalau itu related to inflasi seperti biasa. Inflasi dua tahun kemarin berapa ya itulah mirip-mirip. Kalau dua tahun kemarin kan kira-kira 6%-7% seharusnya kira-kira di angka itu pada UU No 38/2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah No 15/2005 tentang Jalan Tol.

Sesuai ketentuan, tarif tol dapat disesuaikan setiap dua tahun dengan mempertimbangkan tingkat inflasi yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Dari siklus dua tahunan, sederet ruas tol segera diputuskan tarifnya naik pada periode kuartal IV-2019 ini.

Untuk akhir tahun ini saja Jasa Marga menyatakan ada kenaikan tarif pada 3 tol yang dioperasikannya. Satu di antara sudah berlaku yakni Tol Jakarta-Tangerang-Merak.

Menyusul yang bakal naik adalah Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), dan tol Dalam Kota Jakarta. Jumlah itu belum termasuk yang akan mengalami penyesuaian pada periode tahun 2020.

Sebelumnya, Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal mengungkapkan, usulan tarif ini dipertimbangkan naik pada tahun ini karena terakhir kali disesuaikan dua tahun lalu.

"Ruas yang by schedule naik Jagorawi, Jakarta-Tangerang-Merak dan Dalam Kota Jakarta,

VIDEO PILIHAN