Mohon tunggu...
Mahmudin Bm
Mahmudin Bm Mohon Tunggu... Freelancer - Ayah dari dua anak

Menulis, membaca, olahraga, MC dan mendongeng

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Pentingnya ASI Eksklusif

6 Oktober 2022   17:00 Diperbarui: 6 Oktober 2022   17:28 86 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Bagaimanapun ASI sangat penting buat pertumbuhan bayi. Lalu bagaimana ada seorang Ibu memberikan susu formula bagi perkembangan buah hatinya??

Ada faktor yang membuat Ibu lebih memilih Susu Formula, bisa karena sang Ibu seorang pekerja atau memang bermasalah dengan Air Susunya bahkan ada juga Ibu yang malas untuk memberikannya.

Bagi seorang pekerja, Ibu bisa mensiasati tanpa harus kehilangan nutrisi ASI bagi sang buah hati. Berbeda dengan bermasalah dengan air susu yang di miliki ibunya, mungkin air susu yang sedikit sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan bayi. Maka alternatif mereka menggunakan susu formula.

Ibu yang malas dan enggan untuk memberikan ASI pada bayinya, ini masalah besar. Kenapa? Setiap ibu yang faham pentingnya ASI EKSKLUSIF, tentu tidak pernah menyia-nyiakan untuk kebutuhan sang bayi. Hal ini tentu dari pemahaman sang ibu terhadap pentingnya ASI tersebut.

Edukasi buat sang Ibu terhadap ASI, sudah selayaknya dilakukan pemerintah dan terus digalakkan karena peran penting seorang ibu agar anaknya sehat tentu adanya pemahaman pentingnya ASI buat bayi. Tanpa pemahaman tentu mereka menganggap remeh peran ASI.

Banyak manfaat yang di dapat bagi sang bayi selain pertumbuhan yang lebih baik juga kesehatan bayi lebih terjaga. Nutrisi yang ada di ASI sangat bermanfaat  untuk menangkal berbagai macam penyakit yang di alami bayi.

Kekebalan tubuh bayi lebih optimal dalam perkembangannya dan ketahanan terhadap penyakit lebih dapat di cegah.

Bagi seorang ibu yang selama kehamilan selalu rutin dalam pemeriksaan dokter kandungan akan mendapatkan penjelasan yang detail dan rinci mengenai pentingnya pemberian ASI buat bayi. Selama kehamilan sang ibu diminta untuk terus menjaga kesehatan baik bayi maupun sang ibu sendiri.

Pengalaman ini pernah di alami sang istri saat mengandung anak pertama, sekalipun memang pemahaman istri sudah mengerti pentingnya ASI EKSKLUSIF bagi bayi.

Dokter kandungan yang memeriksa selalu memberikan edukasi yang memadai. Kesehatan jabang bayi dari trimester pertama hingga selanjutnya perlu diperhatikan, tentu tidak mengenyampingkan kesehatan ibu yang mengandung. Terlebih saat trimester terakhir, istri lebih diberi pemahaman tentang pentingnya ASI EKSKLUSIF.

Bagi saya seorang calon ayah,tentu sangat mendukung dengan ASI Eksklusif ini. Karena saya tahu persis manfaatnya. Bersyukurnya, istri mengerti juga dan saat melahirkan pun normal. Anak kami yang pertama nerasakan ASI Eksklusif dari ibunya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan