Mohon tunggu...
Mahir Martin
Mahir Martin Mohon Tunggu... Guru, Aktivis dan Pemerhati Pendidikan

Penulis: Satu Tahun Pembelajaran Daring, Dirayakan atau Disesali? (Penerbit Deepublish, 2021); Hikmah Pandemi Covid-19 Relevan Sepanjang Masa (Guepedia, 2021); Motto: Reflection Notes: Ambil hikmahnya...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Menyongsong Ujian Sekolah dan Kebijakan PTM Terbatas

3 April 2021   06:33 Diperbarui: 5 April 2021   03:52 197 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyongsong Ujian Sekolah dan Kebijakan PTM Terbatas
Ilustrasi Ujian (Dok. SMAN 3 Yogyakarta via kompas.com)

Minggu ini, tepatnya hari Selasa (30/3/2021) pemerintah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri tentang penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Minggu ini juga menjadi minggu terakhir pembelajaran bagi siswa kelas XII. Minggu depan mereka akan menghadapi Ujian Sekolah (US).

Kebijakan Ujian Sekolah

Sejak ditiadakannya Ujian Nasional (UN) mulai tahun lalu, Ujian Sekolah menjadi rangkaian terakhir ujian yang diadakan di sekolah. Setelahnya, siswa kelas XII akan menghadapi ujian masuk perguruan tinggi yang diadakan independen dari sekolah.

Artinya, secara formal kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas bagi kelas XII di sekolah kami berakhir minggu ini. 

Oleh karenanya, banyak siswa kelas XII yang memberikan ucapan terima kasih kepada guru yang telah mengajar, mendidik, dan membimbing mereka selama tiga tahun menempuh pendidikan.

Kesempatan ini juga digunakan siswa kelas XII untuk memohon doa dari para guru. Doa agar dilancarkan menghadapi semua ujian dan bisa masuk universitas terbaik yang mereka inginkan.

SKB empat menteri dan US memang tak memiliki korelasi, tetapi keduanya memiliki kepentingan yang sama-sama besar dalam dunia pendidikan.

Terkait Ujian Sekolah, beredar Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Dalam Surat Edaran tersebut disebutkan ada tiga syarat kelulusan siswa tahun 2021.

Pertama, peserta didik menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN