Mohon tunggu...
Mahir Martin
Mahir Martin Mohon Tunggu... Guru, Aktivis dan Pemerhati Pendidikan

Reflection Notes: Ambil hikmahnya...

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

"Spectrum of Style", Jiwa Kepemimpinan Seorang Pemimpin

17 Januari 2021   10:22 Diperbarui: 20 Januari 2021   14:32 494 19 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Spectrum of Style", Jiwa Kepemimpinan Seorang Pemimpin
Ilustrasi Spektrum (Shambhavi sahay via kompas.com)

"Sekelompok domba yang dipimpin seekor singa lebih baik daripada sekelompok singa yang dipimpin seekor domba," ini bunyi quote yang memiliki makna yang dalam tentang kepemimpinan (Leadership).

Ya, setiap manusia terlahir untuk menjadi pemimpin. Baik pemimpin secara formal maupun nonformal, baik pemimpin yang dipilih maupun pemimpin yang terpilih otomatis. Minimal, seseorang akan menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri.

Pemimpin dan Kepemimpinan

Seorang pemimpin diharapkan bisa menjadi mentor yang membimbing, ketua yang memimpin, menginspirasi dan menjaga motivasi semua anggota timnya.

Seorang pemimpin juga harus memiliki jiwa kepemimpinan. Artinya, pemimpin harus bisa menempatkan diri dan menyesuaikan dirinya pada setiap keadaan, situasi dan kondisi.

Oleh karenanya, setiap pemimpin harus memiliki pengetahuan tentang tipe-tipe kepemimpinan. Banyak teori tentang tipe kepemimpinan yang dikeluarkan para ahli di bidang ini. Banyak juga buku yang ditulis atau seminar yang dilakukan. 

Dalam sebuah webinar tentang kepemimpinan, Eric Tyson, seorang trainer pendidikan dari Global Continuing Professional Development (CPD), memaparkan 9 tipe kepemimpinan. Tipe-tipe kepemimpinan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Tipe kepemimpinan transaksional
  2. Tipe kepemimpinan transformasional
  3. Tipe kepemimpinan pelayanan
  4. Tipe kepemimpinan demokratik
  5. Tipe kepemimpinan otokratik
  6. Tipe kepemimpinan delegatif
  7. Tipe kepemimpinan birokratik
  8. Tipe kepemimpinan kharismatik
  9. Tipe kepemimpinan pelatih

Artikel ini tidak akan membahas satu-persatu tipe kepemimpinan tersebut. Seperti disebutkan diatas, untuk mempelajarinya kita bisa merujuk dari buku, seminar, kajian ilmiah atau dari sumber-sumber terpercaya lainnya.

Setelah mengetahui tipe-tipe kepemimpinan tersebut, seorang pemimpin diharapkan bisa mengaplikasikannya. Tujuannya untuk mempermudah tugas dan kewajibannya sebagai seorang pemimpin. Intinya, pengetahuan mengenai tipe kepemimpinan bisa dijadikan acuan dalam memimpin sebuah organisasi.

Memahami Spectrum of Style

Lantas, dari sekian banyak tipe kepemimpinan tersebut mana yang terbaik?

Menurut Eric, penerapan tipe kepemimpinan itu mirip dengan sebuah spektrum. Dia menyebutnya spectrum of style.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x