Mohon tunggu...
Mahir Martin
Mahir Martin Mohon Tunggu... Guru - Guru, Aktivis dan Pemerhati Pendidikan

Penulis: Satu Tahun Pembelajaran Daring, Dirayakan atau Disesali? (Penerbit Deepublish, 2021); Hikmah Pandemi Covid-19 Relevan Sepanjang Masa (Guepedia, 2021); Catatan dari Balik Gerbang Sekolah untuk Para Guru (Guepedia, 2022); Motto: Reflection Notes: Ambil hikmahnya...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Hal-hal Kecil yang Bermakna Besar

4 Desember 2020   15:33 Diperbarui: 4 Desember 2020   16:06 359
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (https://weheartit.com/)

Sebagai seorang guru, saya beruntung pernah memiliki rekan kerja yang dulu pernah mengajar saya dan juga yang dulunya pernah saya ajar.

Ya, tiga generasi berkumpul bersama di satu sekolah, pastinya punya banyak cerita. Apalagi ketika kita saling bertemu, mengenang momen-momen indah di sekolah pasti akan selalu membawa kita pada kebahagiaan tersendiri. Cerita tentang kejadian di dalam kelas, keseruan mengikuti program-program sekolah, dan pastinya suka dan dukanya kebersamaan. Momen-momen ketika di sekolah, baik sebagai siswa maupun sebagai guru memang selalu indah untuk dikenang. 

Uniknya, terkadang ada beberapa hal yang menurut kita tak layak untuk diingat justru hal tersebut diingat betul oleh yang lain.

Misalnya, dulu ketika menjadi siswa, ada guru kami yang suka sekali mentraktir minuman ringan ketika ada siswa yang mampu menjawab pertanyaan di kelas. Bahkan terkadang siswa satu kelas di traktir semua, jika kelas mampu belajar dengan baik dan aktif di kelas. 

Ketika momen ini kami ceritakan sebagai momen tak terlupakan, mungkin guru tersebut bahkan tidak mengingatnya. Karena baginya, itu adalah bukan suatu hal besar yang perlu diingat, itu mungkin hanyalah sebuah hal kecil yang menjadi sebuah bumbu ketika mengajar.

Begitu pula sebaliknya, saya sering mendengar siswa saya dulu menceritakan tentang hal-hal yang pernah saya lakukan ketika mengajar mereka. Biasanya, kebanyakan suatu hal yang mereka sampaikan tidak terekam di memori saya, saya kesulitan mengingatnya. Karena bagi saya, hal yang saya lakukan tersebut bukan lah suatu hal besar yang perlu diingat.

Melakukan Kebaikan dengan Hal-hal Kecil

Begitulah yang sering terjadi. Terkadang hal kecil yang dilakukan seseorang bisa bermakna besar pada diri orang lain. Sayangnya, tak banyak orang yang  menyadarinya. Mungkin jika seseorang menyadari akan hal ini, akan banyak hal-hal baik yang dilakukan, meskipun hal-hal kecil yang dilakukan.

Mengapa saya menceritakan hal ini? Bagi saya, manusia itu hidup bukan hanya harus baik bagi dirinya sendiri, tetapi juga harus juga berpikir melakukan kebaikan bagi orang lain. Baik bagi diri sendiri itu penting, tetapi lebih penting lagi melakukan kebaikan untuk orang lain.

Sejatinya, setiap kita mampu melakukan kebaikan untuk orang lain. Yang penting ada kemauan yang kuat untuk melakukannya. Kita bisa melakukan kebaikan dengan berbagai macam cara. Bahkan hal-hal kecil yang terkadang tidak terpikirkan oleh kita, hal-hal kecil yang kita remehkan, bisa memiliki nilai kebaikan yang sangat besar bagi orang lain.

Sebenarnya, dalam kehidupan, hal-hal kecil semestinya harus kita perhatikan. Baik dalam perkataan atau perbuatan. Kita tak pernah tahu mana perkataan atau perbuatan kita yang akan bisa sangat berarti bagi seseorang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun