Mohon tunggu...
Mahestha Rastha A
Mahestha Rastha A Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Benarkah Profesi Ghost Writer Tidak Menjanjikan? Ternyata Profesi Ini Sangat Menggiurkan, Loh!

5 September 2021   15:04 Diperbarui: 6 September 2021   18:59 1592
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: iStockphoto/AndreyPopov

Mungkin ada beberapa di antara kamu yang belum mengetahui apa itu Ghost Writer (GW). Saya coba jelaskan sedikit dulu sebelum kita masuk ke inti tulisan. GW adalah profesi yang di mana pekerjaannya menuliskan karya orang lain. Kamu dibayar untuk menyiapkan naskah atas nama orang lain. 

Jadi, ketika kamu membuatkan karya orang lain, nama yang ada di cover bukan namamu. Namun, nama orang lain yang sudah membayarmu membuatkan karya tersebut.

Sekilas, tidak enak sekali ya profesi seperti ini. Kamu yang bekerja, mereka tinggal bayar, dan namamu tidak dicantumkan di buku tersebut. Namun, memang begitulah konsep GW. Kamu akan dibayar tinggi untuk sebuah karya. Intinya, kamu menjual karyamu ke orang lain. Kalau sudah dibeli, maka karya tersebut akan menjadi hak milik orang yang sudah membayarmu itu.

Apakah profesi ini sangat dibutuhkan? 

Saya akan katakan, iya! Ini adalah profesi yang sangat dibutuhkan. Banyak loh perusahaan atau individu yang mempekerjakan GW. Misalnya, ada perusahaan yang sedang berkembang, dan mereka tidak sempat membuat tulisan-tulisan di website-nya, maka mereka akan mencari GW untuk mengisi website perusahaannya tersebut.

Bahkan ada tokoh atau selebriti yang ingin sekali punya buku, punya banyak ide di kepala, tapi tidak tahu bagaimana cara menuliskannya. Nah, di sanalah GW bekerja. Mereka akan mencari GW dan menuliskan sesuai keinginan mereka.

Jadi, GW ini bukan hanya profesi untuk menyelesaikan buku orang lain saja. Namun, bisa juga artikel-artikel online, blog, dan sebagainya. Tergantung klien maunya menulis dalam bentuk apa dan seperti apa.

Kenapa profesi ini banyak dicari? 

PERTAMA, banyak perusahaan yang masih dalam tahap perkembangan. Sehingga, mereka tidak akan punya waktu untuk menulis materi sendiri. Karena mereka harus fokus pada perusahannya. Mereka pasti membutuhkan sosok yang sudah ahli menulis untuk menyelesaikan materi yang diinginkannya. 

KEDUA, banyak orang-orang di luar sana yang ingin sekali punya karya, punya banyak ide, tapi ia bingung bagaimana menuliskannya. Oleh karena itu, mereka pasti membutuhkan sosok GW untuk mewujudkan keinginannya itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun