Mohon tunggu...
Mahestha Rastha A
Mahestha Rastha A Mohon Tunggu... Writer - Teacher - Motivator - Public Speaker - Content Creator - Businessman

Nama Lengkap: Mahestha Rastha Andaara, S.Pd | Aktivitas saat ini mengajar IPA di SMPIT AR-RAHMAN, mengajar di Bimbel MATRIKS, mengurus komunitas menulis @sekolahmenulisindonesia, mengurus penerbitan @penerbitsmi, menulis buku, membaca literatur, dakwah, dan mengurus akun YouTube Mahestha Rastha.| Berikut beberapa buku saya yang sudah terbit: 1. Untukmu Para Pejuang Mimpi (2017) 2. Stop Talking and Start Hijrah (2018) 3. Tak Kenal, maka Tak Dakwah (2019) 4. Stop Talking and Start Hijrah International Version (2019) 5. Menjadi Umat Islam Abad 21 (2020) Buku bisa didapatkan di toko buku seluruh Indonesia. Selain itu, bisa juga hubungi penulis langsung untuk mendapatkan buku + TTD + Quotes

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Viral! Australia Mengklaim: Komodo adalah Hewan Asli Australia? Percaya?

8 Maret 2021   19:57 Diperbarui: 8 Maret 2021   21:42 311 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Viral! Australia Mengklaim: Komodo adalah Hewan Asli Australia? Percaya?
Hewan Komodo. Sumber gambar: www.pixabay.com

Sepertinya dua hari belakang ada salah satu berita yang viral di media sosial. Tentang asal-usul komodo yang ternyata bukan dari Indonesia. Mungkin yang kita tahu selama ini, komodo adalah salah satu hewan endemik yang hanya ada di Indonesia. Bahkan saat ini pulau Komodo menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Tapi ternyata, fakta yang beberapa hari belakangan heboh menyebutkan kalau komodo ini bukanlah hewan asli Indonesia, melainkan Australia. Peneliti Australia sendiri yang mengatakannya.

Mungkin banyak sekali netizen yang kesal dengan pemberitaan ini. Saya pun termasuk orang yang suka membaca kolom komentar di pemberitaan tersebut. Ternyata, sebagian besar netizen kurang suka dengan pemberitaan yang ada dan menyerang balik Australia dengan komentar khas netizen Indonesia.

Sebenarnya, ketika saya telisik mesin pencarian. Ternyata berita ini sudah lama diberitakan. Walau belum lama sekali. Saya melihat situs kompas.com pun sudah mem-publish-nya pada tanggal 6 Agustus 2019 lalu. Tapi sepertinya boom lagi akhir-akhir ini. Sekilas, mungkin bikin kita kesal ya. Tapi, kalau kita baca baik-baik apa yang dikatakan para peneliti ini, mungkin kita akan memiliki pandangan yang berbeda.

Dilansir dari kompas.com, Peneliti dari The Australian National University mengungkapkan sejarah kehidupan atau asal usul kadal terbesar di dunia ini. Studi yang mereka lakukan sudah di-publish dalam sebuah jurnal Systematic Biology yang di mana, jurnal tersebut telah menyebutkan kalau hewan komodo bukanlah berasal dari Indonesia. Tapi hewan komodo berasal dari Australia. 

Mungkin kalian bertanya-tanya, kenapa tidak dari dulu saja diklaim? Kenapa baru sekarang? Ternyata peneliti baru menyimpulkan temuannya ini setelah mereka berhasil menemukan sebuah fosil di Queensland. Nah, fosil ini ternyata memberikan wawasan baru tentang hewan komodo ini. Mereka menemukan kalau telah terjadi perkembangbiakan yang tidak biasa dari hewan komodo.

Perkembangbiakan yang tidak biasa di sini adalah komodo ternyata pernah melakukan perkawinan silang atau yang biasa disebut dengan hibridisasi dengan kadal yang berbeda. Kadal ini adalah nenek moyang dari biawak pasir, sejenis goanna. Nah, ini adalah bukti pertama mereka yaitu tentang perkawinan silang yang terjadi pada biawak liar.

Mereka tidak berhenti sampai di sana saja. Agar hibridisasi itu terbukti dan terdeteksi, peneliti Australia ini pun menggunakan berbagai jenis data.

"Ini penting. Karena proses kawin silang ini terjadi jutaan tahun yang lalu, sehingga sulit untuk dideteksi. Tapi sekarang kami bisa mengetahuinya dengan melihat morfologi dan gen hewan," kata peneliti utama studi, Carlos Pavon Vazquez.

Nah, temuan yang sudah mereka analisis ini menunjukkan kalau tanda-tanda komodo masih ditemukan pada biawak pasir yang ternyata ini adalah hewan endemik dari Australia dan Nugini Selatan. Inilah yang akhirnya mereka beranggapan kalau komodo ini asli Australia, bukan Indonesia.

Bahkan hewan komodo dan biawak pasir ini memiliki banyak kesamaan lebih dari yang dikira sebelumnya. Namun, yang dibingungkan adalah hewan komodo ada di beberapa pulau di Indonesia, sementara biawak pasir hanya ada di Ausralia dan Nugini selatan. Bagaimana bisa mereka melakukan perkawinan silang?

Pavon Vazquez pun memaparkan, "Agar bisa kawin, mereka pasti pernah hidup bersama dulu. Data juga mendukung teori bahwa komodo berasal dari Australia dan kemudian menyeberang ke Indonesia, sebelum punah di benua kanguru tersebut."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN