Mohon tunggu...
MAHENDRA DIMAS WIJAYA
MAHENDRA DIMAS WIJAYA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

hobi menulis artikel sosial

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Gaspas Say No to Korupsi

22 September 2022   14:48 Diperbarui: 22 September 2022   15:05 68 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hukum. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pada jaman sekarang ini integritas sangat mahal harganya, hanya orang-orang tertentu yang mampu mempertahankan integritas dirinya ditengah banyaknya godaan untuk melakukan hal-hal yang menyimpang. 

Petugas pemasyarakatan dan Taruna sangat rentan terpengaruh oleh budaya lingkungan UPT yang negatif.  Budaya negatif tersebut sudah terjadi sejak dahulu dan sudah mendarah daging, maka sebagai kader pemasyarakatan harus mempunyai perisai diri yang kuat untuk tidak terbawa arus tersebut.

Para senior selalu berpesan bahwasannya jangan melawan arus namun jangan juga terbawa arus. Korupsi itu seperti penyakit kanker yang tidak bisa hilang dan selalu ada dari masa ke masa. 

Petugas pemasyarakatan yang mengikuti budaya korupsi tersebut akan dianggap bisa bekerja oleh kelompok orang-orang menyimpang, sedangkan orang-orang baik yang berintegritas yang tidak ikut kelompok tersebut malah dikucilkan dan dianggap tidak bisa kerja di UPT. 

Dari kronologi tersebut tekanan sosial dari kelompok menyimpang sungguh berat bagi orang-orang yang berintegritas ini. Sebagian orang yang berintegritas ini bisa membelok ke jalan yang salah karena tekanan sosial tersebut karena tidak mau dikucilkan di lingkungan kerja. 

Hanya sebagian orang yang mampu bertahan menghadapi tekanan sosial tersebut. Maka dari itu artikel ini akan memberikan bagaimana kiat-kiat menghadapi tekanan sosial dilingkungan kerja UPT PAS.

Setiap pegawai maupun taruna ketika datang ke Lapas harus menanamkan mindset bahwa pemasyarakatan adalah tempat mengabdikan diri dan mencari rezeki secara halal. 

Ketika kita dikucilkan oleh kelompok-kelompok tersebut maka berpikirlah bahwa 100 serigala belum tentu lebih hebat dari 1 domba putih yang senantiasa berjalan dijalannya. 

Ada falsafah yang mengatakan bahwa manusia dapat dimatikan, manusia dapat dihancurkan tetapi manusia tidak dapat dikalahkan selama manusia itu masih setia pada hatinya sendiri. 

Jadi tidak  perlu minder menghadapi kelompok menyimpang tersebut. Masih banyak jalan dan cara yang halal untuk mendapatkan uang daripada melakukan korupsi. 

Tugas pemasyarakatan adalah tugas yang mulia, kita sebagai Pembina dan pembimbing  narapidana ketika melaksanakan tugas dengan ikhlas tanpa pamrih maka pahala yang kita terima sungguh luar biasa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan