Mohon tunggu...
Mahbub Ahmad Rafii
Mahbub Ahmad Rafii Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

suka baca webcomic

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa Enterpreneur

2 Oktober 2022   23:22 Diperbarui: 2 Oktober 2022   23:27 21 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Di zaman sekarang semua hal pasti menjadi terkoneksi satu sama lain dengan semakin berkembangnya teknologi. Hal ini membuat banyak batas-batas yang asalnya ada menjadi hilang, seperti batas ruang dan waktu. Orang dapat berkomunikasi langsung tanpa harus berada di tempat yang sama, dan juga mereka dapat saling berbalas tanpa perlu menunggu beberapa hari hingga bulan untuk membalasnya.

Perkembangan teknologi ini sangat membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Selain membantu, perkembangan teknologi ini pula memunculkan sebuah tantangan baru. Seperti persaingan yang semakin luas karena hilangnya batas-batas tadi. Yang awalnya kita hanya bersaing dengan orang-orang dari daerah dimana kita tinggal, sekarang kita harus bersaing juga dengan orang-orang yang berdomisili jauh dari kita.

Dengan semakin luasnya persaingan, maka kita harus memiliki skill yang memang dibutuhkan dan juga dapat menambah value diri kita sendiri. Ada banyak skill yang bisa kita asah seperti skill untuk komunikasi, lalu kreatif dan banyak skill-skill yang bisa kita asah. Beberapa skill dan juga sifat di atas adalah ciri-ciri dari seorang entrepreneur.

Entrepreneur merupakan suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi mencari peluang dari permasalahan yang terjadi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari (Zimmerer, 1996). Sebagai mahasiswa kita harus memeliki sifat-sifat yang sama seperti seorang entrepreneur, seperti berani pandai melihat peluang, selalu berpikir kreativ, dan banyak sifat-sifat lainnya.

Dengan menjadi seorang entrepreneur juga melatih berbagai skill yang dibutuhkan untuk mengikuti persaingan di era yang segalanya saling terhubung ini. Beberapa skill itu diantaranya adalah skill komunikasi, skill untuk memecahkan permasalahan, dan juga kreativitas.

Skill Komunikasi, sebagai seorang entrepreneur kita diwajibkan untuk selalu bisa menjelaskan/mengkomunikasikan apa yang kita inginkan atau kita jual kepada orang lain dengan amat baik agar mereka menjadi tertarik. Skill ini jelas sangat penting bagi para mahasiswa terkhusus di pendidikan karena output nantinya kita akan mengajar.

Skill Problem Solving, kita sebagai mahasiswa harus bisa memecahakan sebuah masalah yang sudah ada dari lama ataupun sebuah masalah yang tiba-tiba muncul. Dalam memecahkan masalah kita harus berpikir dengan cepat dan juga tepat. Kesalahan dalam problem solving ini bisa berakibat fatal bila memang salah, seperti masalah yang tak kunjung selesai dan semakin lama semakin membesar.

Kreativitas, merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menambah value seseorang, semakin unik seseorang maka semakin tinggi pula value dirinya di mata orang lain. Tidak sedikit barang-barang sederhana yang harganya mahal, bukan karena kualitas bahannya tapi karena idenya.

Pada akhirnya kita berkuliah bukan hanya sekadar mencari ilmu akademik, tapi juga kita mencari berbagai pengalaman dan juga mengasah skill yang nantinya akan kita butuhkan saat sebelum maupun sudah lulus dan menjadi bagian dari masyarakat nanti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan