Mohon tunggu...
Mahbub Setiawan
Mahbub Setiawan Mohon Tunggu... Dosen - Mencoba untuk terus menjadi walau tidak mudah

1/2 kemanusiaan, 1/2 ketidaktahuan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Lima Dimensi Kesehatan

7 Juli 2018   23:22 Diperbarui: 8 Juli 2018   03:56 4887 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Konsep sehat, tidak hanya merujuk kepada sebuah keadaan saja. Ia mengandung beberapa dimensi. Setidaknya ada lima dimensi kesehatan ini yaitu: dimensi fisik atau jasmani, dimensi mental intelektual, dimensi emosional, dimensi sosial dan dimensi spiritual.

Baik individu atau masyarakat ketika dilihat dari perspektif kesehatan, maka kelima dimensi itu berhubungan satu dengan yang lainnya. Berikut adalah dimensi-dimensi kesehatan sebagaimana disarikan dari buku The Dimensions of Health: Conceptual Models karangan John R. Hjelm:

Dimensi fisik

Dimensi kesehatan fisik mengacu pada aspek jasmani. Ini mengacu pada definisi kesehatan yang lebih tradisional seperti tidak adanya penyakit dan cedera. Sehat fisik merupakan dimensi sehat yang paling mudah dikenali karena menyangkut mekanisme dan fungsi tubuh. Sehat fisik adalah komponen terpenting dari keadaan sehat secara keseluruhan.

Ada banyak elemen kesehatan fisik yang semuanya harus dijaga bersama. Keseluruhan kesehatan fisik mendorong keseimbangan aktivitas fisik, nutrisi dan kesehatan mental sehingga tubuh tetap dalam kondisi prima. Kesehatan fisik dapat meningkatkan kemampuan tubuh agar tetap berfungsi secara optimal.

Kesehatan fisik dapat mempengaruhi dimensi lain dari kesehatan, misalnya penurunan dalam kesehatan fisik dapat mengakibatkan penurunan dalam dimensi sosial dari kesehatan. Seseorang yang tiba-tiba terserang flu akan menjadi terisolasi secara sosial untuk tidak menulari orang lain. Isolasi secara sosial tentu saja menjadi salah satu gejala dari kesehatan sosial yang kurang optimal.

Dimensi mental intelektual

Kesehatan mental intelektual mengacu pada aspek kognitif. Sering kali kesehatan mental terkait dengan atau termasuk kesehatan emosional. Kesehatan mental lebih mengacu kepada fungsi otak, sementara kesehatan emosional mengacu pada suasana hati seseorang yang sering terhubung dengan hormon mereka. Kesehatan mental kemudian mencakup banyak masalah kesehatan seperti Alzheimer dan Demensia.

Dimensi intelektual mengacu pada kemampuan orang untuk menggunakan otak mereka dan kemampuan berpikir. Kesehatan ini berhubungan dengan kemampuan memecahkan masalah atau untuk mengingat informasi, tetapi fokusnya adalah pada aspek kognitif dari orang bersangkutan. Perawatan kesehatan mental intelektual juga bisa memengaruhi dimensi lain dari kesehatan.

Peningkatan kesehatan mental intelektual  dapat terjadi sebagai akibat dari peningkatan aktivitas fisik dan upaya-upaya peningkatan kapasitas kemampuan otak. Lemahnya kesehatan mental intelektual ini bisa dikatakan sebagai kemunduran peran kognitif yang bersangkutan. Tingkat intelijensi seseroang merupakan salah satu bentuk dari sehat secara mental intelektual.

Dimensi emosional

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan