Mohon tunggu...
Mahatma Junjung Mardlotila
Mahatma Junjung Mardlotila Mohon Tunggu... Mahasiswa - ;

Mahasiswa akhir Teknik Mesin yang hanya ingin lulus.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN BTV III UNEJ - Peningkatan Minat Belajar Dirumah Selama Pandemi Covid-19

18 September 2021   14:38 Diperbarui: 18 September 2021   15:12 103 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Keterampilan literasi yang baik akan berpengaruh terhadap perembangan kemampuan berpikir setiap individu. Kemampuan literasi akan membantu setiap individu untuk memahami informasi dengan bijak dan teliti dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor yang melandasi kemajuan suatu negara adalah sumber daya manusia yang berkualitas. Masyarakat yang terdidik merupakan syarat utama menjadi negara yang maju. Kemajuan dari suatu negara dapat dilihat dari masyarakat dalam kehidupannya. Bagaimana mereka berperilaku dan berpikir merupakan cerminan seberapa besar pendidikan melekat dalam kehidupan sehari-hari.

Pendidikan merupakan sebuah wadah pembentuk kualitas suatu bangsa. Memperbaiki kualitas pendidikan merupakan langkah nyata dalam upaya memperbaiki penerus bangsa. Namun, memperbaiki kualitas sumber daya manusia tidak semudah membalikan telapak tangan. Perlu adanya usaha keras, cerdas, sadar dan terencana dari barbagai pihak terkait. 

Kuliah Kerja Nyata adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Universitas Jember melaksanakan KKN dengan tema Back To Village yang dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2021 hingga 9 September 2021, dimana KKN BTV III ini dilaksanakan secara mandiri di kampung asal mahasiswa. Untuk mewujudkan perbaikan kualitas Pendidikan di Indonesia, Vione Francecia merupakan mahasiswa KKN Universitas Jember yang sedang melakukan KKN di Desa Pagerwojo, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo dengan mengusung tema “Program Literasi Desa Pada Masa Pandemi Covid19” dimana Desa Pagerwojo ini bertepat di pusat kota Sidoarjo. 

KKN Back To Village ini Vione membuat program kerja yang mana bertujuan untuk meningkatkan minat belajar di rumah selama masa pandemi covid19, dengan cara mambuat House of Learning disini ia berdedikasi untuk anak-anak di Desa Pagerwojo dengan cara memberikan pelajaran mengenai basic Bahasa Inggris yang mana akan sangat dibututhkan di kemudian hari. Dilakukan secara door to door seperti memberi pelajaran tambahan di luar jam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dengan berbasis Bahasa Inggris yang mana merupakan hal-hal yang baru bagi anak-anak di Desa Pagerwojo, karena saat pandemi seperti ini bimbingan belajar ditutup sementara. 

Demi mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, Vione rasa hal tersebut merupakan gerakan awal untuk membuat anak-anak tertarik dalam Bahasa asing. (Vione Francecia / KKN 64 / Muhammad Zamroni S.Sn., M.Sn.)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan