Mohon tunggu...
Mahatma Junjung Mardlotila
Mahatma Junjung Mardlotila Mohon Tunggu... Mahasiswa - ;

Mahasiswa akhir Teknik Mesin yang hanya ingin lulus.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Program Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar untuk Lebih Inovatif

1 September 2021   18:02 Diperbarui: 1 September 2021   18:10 41 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pemberdayaan dilakukan untuk memberikan pemahaman untuk guru dalam merubah sistem lama yang begitu monoton menjadi lebih riang dan berwarna, hal ini dilakukan untuk membangun semangat belajar adik-adik sekolah dasar yang harus menerima pembelajaran didalam rumah. Pemberdayaan ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Jumerto 2, Kecamatan Patrang. 

Sekolah ini memili setidaknya sebelas guru dan pelatihan dilakukan oleh sekurang-kurangnya 4-6 orang dengan sistem bergantian, dikarenakan konsidi yang mengharuskan kami sebagai peserta KKN mematuhi aturan yang telah ditetapkan apabila adanya pergantian shift dalam satu minggu. Sehingga Pelatihan ini dilakukan dengan 2 gelombang.

Kegiatan pelatihan yang dilakukan adalah memberikan beberapa template Power Point untuk penunjang guru dalam memberikan informasi yang berwarna dan tidak terkesan monoton. Selanjutnya adalah cara untuk mendownload file video di youtube yang dapat digunakan untuk visualisasi pembelajaran. Dan yang terakhir adalah memberikan cara untuk melakukan Quiz dengan aplikasi kahoot.

Pemberian beberapa template Power Point, disediakan dalam bentuk file gdrive yang dapat sewaktu-waktu di akses dan diunduh oleh guru, maupun siapapun yang nanti akan membutuhkan. Ketersediaan Power Point ini memberikan senyum bahagia dan tanggapan yang positif dari guru, seperti yang dikatakan oleh (Eneng Dety Valenti, S.Pd. ) yang menyebutkan bahwa pemberian materi akan lebih beragam dan tidak selalu mengacu pada template monoton yang diberikan oleh bawaan komputer. Tujuan dari pelatihan ini tepat sasaran, beliau merasa sangat diuntungkan dengan adanya file gdrive yang diberikan, dan cara mengaksesnya juga sangat mudah. Power point dapat didownload dalam format apapun sesuai pilihan dan dapat pula langsung di edit dalam file gdrive yang nantinya tidak menghabiskan memori.

Selanjutnya adalah memasukkan Vidio Youtube yang bertujuan agar siswa dapat memahami materi tanpa harus membayangkan, dikarenakan adanya visualisasi yang disiapkan dalam satu power point. Sebelumnya siswa harus membayangkan bagaimana materi belajarnya dengan banyak tema pelajaran yang harus mereka selesaikan, tanpa mengetahui step by step yang seharusnya ditempuh. Maka dilakukan pelatihan agar guru dapat lebih matang dalam menyiapkan materinya sekaligus menunjang murid mendapatkan informasi dalam satu media belajar tanpa harus diakses mandiri yang nantiya akan memberatkan kepada siswa yang berada di lokasi yang susah sinyal.

Terakhir setelah selesai dengan power point yang matang, maka selajutnya adalah penyiapan Quiz yang meningkatkan semangat dan daya ingat siswa setelah dilakukan pembelajaran secara daring. Penyiapan Quiz dilakukan dengan Game Kahoot yang dapat diakses dengan mudah di google, tak lupa juga penyediaan beberapa template yang sangat mudah. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan