Mohon tunggu...
Nadia dan Diana
Nadia dan Diana Mohon Tunggu... Mahasiswa desain interior universitas kristen petra

Sekelompok mahasiswa.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sekelompok Mahasiswa Universitas Kristen Petra Berbagi Ilmu

13 September 2019   21:08 Diperbarui: 13 September 2019   21:18 0 3 4 Mohon Tunggu...
Sekelompok Mahasiswa Universitas Kristen Petra Berbagi Ilmu
Foto Pribadi

Bagi sekelompok orang awam, arti pengabdian masyarakat ini merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dalam kurun waktu dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh suatu lembaga atau instansi tertentu. 

Namun berbeda halnya bagi seorang dosen dan mahasiswa di Universitas Kristen Petra, kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan suatu kegiatan untuk berbagi kasih serta berbagi ilmu dan pengalaman untuk masyarakat sekitar. 

Salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang rutin dilakukan adalah mengadakan bimbingan belajar atau yang sering disebut dengan bimbel. Bimbel ini dilaksanakan setiap tahunnya di Panti Asuhan Yestoya di kota Surabaya.

Dalam pelaksanaan bimbel ini, para mahasiswa memiliki satu dosen pembimbing yakni Bu Aylana Dwi Nugroho, M.A. Ph.D dan satu orang koordinator yaitu Diana Effendy untuk mengatur jalannya pengabdian masyarakat. 

Kegiatan ini terbuka untuk diikuti bagi semua jurusan. Kegiatan dibagi menjadi dua periode, yaitu periode sebelum ujian tengah semester dan periode sebelum ujian kenaikan kelas. Dalam satu periode tersebut, jumlah mahasiswa dibatasi agar tidak terlalu banyak dalam satu pertemuan dan mahasiswa bisa fokus untuk berbagi ilmu dengan anak-anak.

Kami berdua yaitu Diana Effendy dan Nadia Franciska dari sekitar 25 orang yang berkesempatan ikut, melakukan bimbel selama 5 kali pertemuan dengan durasi waktu dua jam per pertemuan.

Di setiap pertemuan, mahasiswa membantu anak - anak panti mengerjakan pekerjaan sekolah mereka, menemani mereka belajar, dan bermain bersama di akhir kegiatan bimbel. 

Pengabdian masyarakat ini diharapkan menjadi suatu "Kebiasaan" yang baik nantinya.  Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, kami dapat berbagi untuk sesama, setidaknya ada anak-anak yang bertambah pengetahuannya, kami juga dapat memperingan dan berbagi kebahagiaan dengan anak-anak panti asuhan.