Mohon tunggu...
Viona AyuMahardani
Viona AyuMahardani Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - -

-

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Tahukah Kamu Mengapa Wanita Sudah Tidak Mengalami Periode Menstruasi?

20 Mei 2022   03:00 Diperbarui: 20 Mei 2022   03:06 29 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi: creativemarket.com

Tahukah Kamu Mengapa Wanita Sudah Tidak Mengalami Periode Menstruasi?

Menopause, pula diketahui selaku klimakterik, merupakan waktu dalam kehidupan perempuan kala periode haid menyudahi secara permanen, serta mereka tidak lagi sanggup melahirkan anak. Menopause umumnya terjalin antara umur 48 serta 52 tahun. 

Para handal kedokteran kerap mendefinisikan menopause selaku terjalin kala seseorang perempuan tidak hadapi pendarahan haid sepanjang setahun. Ini pula bisa didefinisikan oleh penyusutan penciptaan hormon oleh ovarium. 

Pada mereka yang sudah menempuh pembedahan buat mengangkut rahim mereka namun masih mempunyai ovarium, menopause bisa dikira sudah terjalin pada dikala pembedahan ataupun kala kandungan hormon mereka turun. Sehabis penaikan rahim, indikasi umumnya terjalin lebih dini, pada umur rata- rata 45 tahun.

Pada tahun- tahun saat sebelum menopause, periode seseorang perempuan umumnya jadi tidak tertib, yang berarti kalau periode bisa jadi lebih lama ataupun lebih pendek dalam durasi ataupun lebih ringan ataupun lebih berat dalam jumlah aliran. 

Sepanjang waktu ini, perempuan kerap hadapi hot flashes; ini umumnya berlangsung dari 30 detik hingga 10 menit serta bisa jadi berhubungan dengan menggigil, berkeringat, serta kemerahan pada kulit. 

Hot flashes bisa bertahan dari 4 sampai 5 tahun. Indikasi lain bisa jadi tercantum kekeringan pada Miss V, kesusahan tidur, serta pergantian atmosfer hati. 

Tingkatan keparahan indikasi bermacam- macam antara perempuan. Sedangkan menopause kerap dikira terpaut dengan kenaikan penyakit jantung, ini paling utama terjalin sebab bertambahnya umur serta tidak mempunyai ikatan langsung dengan menopause. Pada sebagian perempuan, permasalahan yang timbul semacam endometriosis ataupun perih haid hendak membaik sehabis menopause.

Menopause umumnya ialah pergantian natural. Ini bisa terjalin lebih dini pada mereka yang merokok tembakau. Pemicu yang lain tercantum pembedahan yang mengangkut kedua indung telur ataupun sebagian tipe chemotherapy. 

Pada tingkatan fisiologis, menopause terjalin sebab penyusutan penciptaan hormon estrogen serta progesteron oleh ovarium. Walaupun umumnya tidak dibutuhkan, penaksiran menopause bisa dikonfirmasi dengan mengukur kandungan hormon dalam darah ataupun kemih. Menopause merupakan kebalikan dari menarche, waktu kala seseorang wanita mulai haid.

Perawatan spesial umumnya tidak dibutuhkan. Sebagian indikasi, bagaimanapun, bisa diperbaiki dengan penyembuhan. Sehubungan dengan hot flashes, menjauhi merokok, kafein, serta alkohol kerap disarankan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan