Lingkungan

Mahasiswa KKN Kelompok 16 UMM Bikin Gempar Wonoayu

8 Agustus 2018   19:00 Diperbarui: 8 Agustus 2018   19:17 250 0 0
Mahasiswa KKN Kelompok 16 UMM Bikin Gempar Wonoayu
Foto: KKN 16 UMM

Semua program kerja yang telah disusun oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 16 yang dilaksanakan di Desa Wonoayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang telah usai. KKN yang dimulai dari tanggal 12 Juli hingga 8 Agustus 2018 ini ditutup dengan acara unggulannya yaitu Penanaman Pohon bersama pelajar yang didampingi Wali murid serta seluruh warga masyarakat Wonoayu. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Stadion Wonoayu tersebut berjalan dengan sangat meriah. Sesuai dengan tema Penanaman 1001 pohon #GEMPARWONOAYU (Gerakan Menanam Pohon Keluarga Wonoayu) benar-benar bikin gempar Wonoayu karena dihadiri lebih dari 200 warga masyarakat. 

Penanaman pohon ini dibuka dengan tarian tradisional Jawa yang diperankan oleh adik-adik siswi SDN WONOAYU sekaligus pemberian simbolik (baca:pohon) yang diserahkan langsung kepada Kepala Desa Wonoayu, Ibu Wina Nurnama, S. Sos., M., Si. (Sabtu,4 Agustus 2018).

Ketua Pelaksana, Muchsin Fadli melaporkan ada 83 bibit Trembessi, Pucuk merah sebanyak 35 dan Kenanga sebanyak 6 bibit dengan total bibit 124 yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Climate Change Frontier (CCF) yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan kemanusiaan. "Alasan kita memilih sekitaran stadion yang baru diresmikan di Wonoayu ini adalah untuk menghijaukan stadion karena sekarang masih terlihat gersang dan tandus. 

Kita tidak hanya menanam pohon, akan tetapi kita juga menanam doa di setiap pohon yang kita tanam. Semoga apa yang nantinya kita tanam bisa menghasilkan manfaat yang besar bagi kita semua" ujar Muchsin Fadli. Aldi juga berharap agar kegiatan ini tidak hanya sekedar perayaan penanamannamanohon atau acara ceremonial saja akan tetapi diharapkan apa yg kita tanam bisa tumbuh dan menghasilkan kebermanfaatan dikemudian hari.

Sementara Kepala Desa Wonoayu Wina Nurnama, S.Sos ., M.Si, menyatakan pentingnya kita semua merawat dan menjaga bersama pohon-pohon yang telah kita tanam sudah seharusnya kita saling menjaga dan merawat pohon ini bersama-sama, karena tema yang dibuat adik-adik KKN adalah Gerakan Menanam Pohon Keluarga Wonoayu berarti kita semua harus saling merawat dan menjaganya. 

Buat adik-adik KKN semuanya saya berharap tidak hanya cukup disini saja, namun setelah KKN ini selesai tetap ada tanggungjawab untuk menjaga dan memantau pohon kita ini.

Mahasiswa KKN bimbingan Ir.Andi Syaiful Amal,. MT ini membuat kegiatan penanaman pohon sekaligus penutupan KKN dengan sangat menarik yakni adanya pemberian Doorprise dengan hadiah utama TV LED, kompor gas, rice cooker, dan masih banyak lagi hadiah kecil lainnya serta diakhiri dengan makan bersama seluruh warga Wonoayu. (Maharani Sagita)