Mohamad AB
Mohamad AB karyawan swasta

menulis untuk bertutur kata...........

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kemasan Inspiratif, PKKMB STIKes Ibnu Sina Ajibarang 2018/2019

27 Maret 2019   02:31 Diperbarui: 27 Maret 2019   16:04 66 1 1
Kemasan Inspiratif, PKKMB STIKes Ibnu Sina Ajibarang 2018/2019
PKKMB  STIKes Ibnu Sina  Ajibarang  2018/2019 (dokpri)

Barangkali sebuah tantangan besar bagi panitia  untuk  mengkemas  even PKKMB  agar menjadi lebih menarik,efektif ramah  dan mengesankan  bagi peserta. Adalah sebuah keberanian jika  even ini  diformat  dengan  sentuhan  kekinian  yang lebih  enjoyeble  namun sarat  dengan  misi pendidikan. Patut disyukuri  Rangkaian  Pelaksanaan Pengenalan Kampus dan Keakraban Mahasiswa Baru (PKKMB) STIKes Ibnu Sina Ajibarang tahun akademik 2018/2019  telah berlangsung  lancar dan mengesankan.

Kegiatan ini juga termasuk program bidang kemahasiswaan  untuk  untuk menyambut  mahasiswa baru. Pada dasarnya pelaksanaan PKKMB bertujuan untuk memperkenalkan,mempersiapkan dan mengakselerasi mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang sadar akan hak dan kewajibannya, memuat antara lain tentang sistem pendidikan tinggi, kegiatan akademik dan kemahasiswaan serta kebijakan kampus sehingga dapat mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi.

Selain itu memberikan mahasiswa kesan positif dan menyenangkan terhadap lingkungan pendidikan baru.Mereka diharapkan mengawali kegiatan dalam hal yang menggembirakan sambil tetap mempelajari hal yang baru, baik yang berkaitan dengan lingkungan fisik, lingkungan sosial (termasuk norma khusus yang berlaku di lingkungan kampus barunya) maupun dengan cara belajar yang baru.

Adapun  tujuan  khusus dari pelaksanaan PKKMB ini yaitu  : Membantu mahasiswa mengenal lebih dekat dengan lingkungan pendidikan barunya, sehingga tercipta edukatif dan kondusif, Membantu mahasiswa baru menyatu dengan warga kampus, beradaptasi dengan lingkungan kampus, mengetahui kewajiban dan hak serta mampu bertanggung jawab dalam kehidupan, serta  mendorong mahasiswa untuk memulai kebiasaan belajar dengan metode diskusi, praktek di lingkungan STIKes Ibnu Sina Ajibarang disamping itu juga bertujuan  agar mendorong mahasiswa untuk memiliki kepercayaan diri sendiri berani mengungkapkan pendapat dan aktif menyatakan pendapat kepada orang lain, menambah pemahamannya melalui pengamatan terhadap lingkungan,membangun keakraban dan persaudaraan yang lebih erat antar mahasiswa, dosen dan karyawan. Sehingga bisa saling bahu membahu antar sesama dalam membangun kepribadian dalam berorganisasi.

Pelaksanaan Pengenalan Kampus dan Keakraban Mahasiswa Baru (PKKMB) STIKes Ibnu Sina Ajibarang tahun akademik 2018/2019, didasarkan atas :

1.)Surat KEPMENRISTEKDIKTI Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Nomor: 468/B/SE/2017 tentang pengenalan kehidupan kampus  bagi mahasiswa baru.2) Surat Keputusan Ketua STIKes Ibnu Sina Ajibarang Nomor: 002/SKPKKMB.2/BIDKEM/STIKESISA/IX/2018. 

Adapaun rangkaian acaranya antara lain, tanggal 15 September 2018, dilaksanakan Pengenalan Kampus dan Keakraban Mahasiswa Baru (PKKMB) dari pukul 07.00 -- Selesai. Pada saat pelaksanaan ada sambutan dari Ketua YPP Ma'arif NU Ajibarang, Ketua STIKES Ibnu Sina Ajibarang yang diharidri tamu undangan  dan pembicara dari Dinas Kesehatan Banyumas, BNN Banyumas  serta Mengenalkan profil,  struktural dan memotivasi serta  mendorong mahasiswa baru untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi,yang  disampaikan oleh ketua STIKes Ibnu Sina Ajibarang. Dilanjutkan untuk mengenalkan sistem dan tata kelola perguruan tinggi dan kegiatan pembelajaran, disampaikan oleh bagian akademik serta . Serta untuk mengenalkan bidang kefarmasian oleh pembicara 1 dan pengembangan minat dan bakat atau keorganisasian oleh pembicara 2 ,dan  Softskill serta Keorganisasian yang diikuti oleh semua peserta  PMB.

Keceriaan peserta  PKKMB  STIKes Ibnu Sina  2018/2019 (dokpri) 
Keceriaan peserta  PKKMB  STIKes Ibnu Sina  2018/2019 (dokpri) 
Disela-sela acara juga ada hiburan untuk mahasiswa baru yang direncakana oleh BEM STIKES Ibnu Sina Ajibarang agar mahasiswa baru tidak jenuh. Para Mahasiswa Baru sangat antusias mengikuti acara tersebut.

Paket acara selanjutnya pada tanggal 16 September 2018 dilakukan di Kali Gua Bumiayu dari pukul 07.00 -- Selesai. Para Mahasiswa Baru di bagi perkelompok yang di dampingi oleh pemandu dari BEM STIKES Ibnu Sina Ajibarang untuk mengikuti kegiatan yang ada di Kali Gua. Melakukan kegiatan berupa permainan yang mengasah ketrampilan ,kerjasama ,emosional dan berfikir  aktif kreatif . Selain itu mereka  dapat mengunjungi  perkebunan the  dan mengenal  sejarah  dari Goa Jepang . Banyak sekali nilai positif  dari kegiatan  ini antara lain : membangun keakraban,untuk saling mengenal satu sama lain dan kerja sama untuk mencapai suatu keberhasilan kelompok.

Flying fox sport,yang mengasyikan peserta (dokpri) 
Flying fox sport,yang mengasyikan peserta (dokpri) 

Dari  pantauan  panitia,nampak para mahasiswa baru sangat antusias mengikuti acara Pengenalan Kampus dan Keakraban Mahasiswa Baru (PKKMB)  hal ini tergambar dengan   keceriaan nya mengikuti setiap sesion  acara yang digelar panitia. Acara ini tidak berhenti sampai disini saja,namun ada reward  lagi bagi  bagi kelompok terbaik dan   ada lomba fotozone dengan  reward lumayan banyak.(GungB)