Pembelajaran yang dilakukan dirumah memiliki beberapa kendala, seperti mengharuskan para siswa untuk memiliki gaway ataupun laptop untuk menerima materi dan tugas yang diberikan oleh guru serta untuk pengumpulan tugas. Dengan kondisi yang seperti ini dapat menimbulkan kesenjangan factor social ekonomi dan juga kurangnya pengawasan dari orang tua kepada anaknya dalam pembelajaran yang dilakukan di rumah.
Dalam konidis yang seperti ini, perlu adanya solusi dari beberapa permasalahan yang timbul. Kampus merupakan salah satu aktifis masyarakat, ikut terpanggil untuk berkontibrusi dalam menghadapi pandemic Covid-19 khususnya dalam aspek pendidikan yaitu dengan memberikan pendampingan kegiatan belajar siswa sekolah dasar.Â
Saya Maerlin Windtari Utami, selaku mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Purworejo Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar mengadakan kegiatan bimbingan belajar guna mempermudah sisawa SD Negeri Pingit, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, dan juga menyelesaikan tugas pada salah satu mata kuliah. Dalam kegiatan ini melibatkan 4 siswa SD kelas 6.
Kegiatan bimbingan belajar tersebut dibantu dengan media interaktif kuis di power point. Proses pembelajarannya yaitu:
Pertama, siswa dan siswi diberikan pejelasan terkait dengan materi IPA yang akan diberikan. Penjelasan dibantu dengan media power point dan buku tema dari siswa tersebut.
Kedua, menyelipkan sedikit cerita agar siswa tidak merasa bosan dalam penyampaian materi.
Ketiga, memberikan siswa kuis sesuai dengan materi yang telah dijelaskan sebelumnya menggunakan power point yang telah di mofikasi dengan hyperlink. Jika siswa menjawab kuis dengan benar maka akan timbul foto animasi dua jempol yang diacungkan, dan jika siswa menjawab kuis dengan salah maka akan timbul foto animasi seseorang yang pusing dan muncul tulisan coba lagi. Siswa yang salah akan diberi hukman dengan mencoretan bedak ke muka seperti pipi, jidat, dan janggut.
Menurut saya, dalam kegiatan bimbingan belajar ini para orang tua dan siswa memberikan respon yang baik dan juga mendapat manfaat walaupun itu sedikit. Pada bimbingan belajar ini saya dibantu oleh media pembelajaran interaktif berupa power point guna mempermudah dalam penyampaian materi dan siswa merasa senang dan juga tertarik dalam belajar serta agar tidak merasa cepat bosan. Dengan kegiatan ini semoga semangat belajar siswa SD menjadi lebih meningkat dari sebelumnya dan dapat membantu sedikit permasalahan tentang pendidikan dalam masa pandemi.Â