Mohon tunggu...
Muhammad RafliAulia
Muhammad RafliAulia Mohon Tunggu... Mahasiswa - fakir ilmu

semua ini hanya titipan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penerapan Learning Management System pada Dunia Pendidikan Guru Sekolah Dasar

30 Juli 2021   03:11 Diperbarui: 30 Juli 2021   03:25 24 0 0 Mohon Tunggu...

           Melihat keadaan Negara Indonesia sekarang ini yang masih belum membaik dan terkendali dari kasus Virus Corona, agenda sebagian masyarakat pada umumnya mengalami penurunan intensitas. Dampak dari menurunnya intensitas yang dialami sebagian masyarakat adalah pendidikan. Pendidikan merupakan peranan penting dari pembangunan bangsa. Pada zaman sekarang peran pendidikan di masa pandemic virus corona mengalami penurunan kualitas. Pemerintah Indonesia menerapkan system Work From Home pada beberapa sektor contohnya bidang Pendidikan.

Dengan kejadian seperti ini pembelajaran dari mulai level paud hingga perguruan tinggi melakukan pembelajaran jarak jauh ( PJJ ), dengan tujuan menghindari bertambahnya kasus covid-19 di semua wilayah di Indonesia. Tentunya dengan adanya instruksi dari pemerintah agar dilakukan Pendidikan dari jarak jauh, beberapa wilayah di Indonesia belum siap menerima dan melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara efektif. Belum meratanya infrastruktur teknologi maupun device pada guru dan beberapa sekolah menyebabkan kendala sering terjadi.

Permasalahan yang terjadi pada stackholder Pendidikan harus segera dicari solusi konkrit. Pembekalan dan penguatan pembelajaran pada guru harus segera dilakukan pada situasi pandemi Covid-19 ini. Penulis mendapatkan tugas pada kegiatan KKN UPI 2021 dengan tema penguatan pembelajaran melalui teknologi di era pandemi. Agenda KKN UPI ini merupakan acara tahunan UPI yang diselenggarakan secara rutin.

Dalam hal ini Muhammad Rafli Aulia selaku Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Cibiru melakukan kegiatan workshop dengan tema "Pemanfaatan LMS Dalam Pembelajaran Daring". Acara ini dimaksudkan kepada guru SDN Rahayu 03 hingga SDN Rahayu 06 yang dirasa kurang menguasai ilmu teknologi pada dunia Pendidikan. Pemateri melakukan workshop pada hari Selasa, 27 Juli 2021.

Acara ini menjelaskan bagaimana Learning Management System (LMS) menjadi sarana pembelajaran jarak jauh. Learning Management System (LMS) sangat penting diketahui para guru dan orang tua murid agar terciptanya Pendidikan di masa pandemi Covid-19 tidak kalah menarik dan antusias dengan Pembelajaran Tatap Muka (Offline).  

dokpri
dokpri
Learning Management System (LMS) juga memiliki beberapa fitur unik dan tahapan yang tidak ribet. Pendaftaran kelas Online dapat dilakukan pada beberapa platform Pendidikan.  Edmodo dan Google Classroom menjadi platform yang popular untuk digunakan dikalangan para dosen dan mahasiswa, namun pada SDN Rahayu 03 hingga SDN Rahayu 06 belum memakai media pembelajaran seperti itu. Hal ini tentu menjadi PR utama bagi Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang Bernama Muhammad Rafli Aulia. Pasalnya Rafli harus mengajarkan dan mensosialisasikan media kelas online tersebut. Terlebih dengan jalur Pendidikan Rafli adalah Pendidikan Multimedia yang membuat dia tertantang untuk mengurangi "Kurang Melek Teknologi" pada guru.  

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x