Mohon tunggu...
muhammad adzkiafarhan
muhammad adzkiafarhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

manjadda wajada

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Ada Apa dengan Sampah?

6 September 2022   07:41 Diperbarui: 6 September 2022   07:51 170 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sampah Secara umum, sampah adalah sisa buangan dari segala jenis aktivitas manusia maupun proses alam yang tidak digunakan lagi. Sampah bukan cuma dihasilkan dari kegiatan yang sifatnya konsumsi, melainkan juga dari kegiatan industri, produksi, bahkan pertanian.

Jenis-Jenis Sampah

Berdasarkan sumbernya, sampah memiliki beberapa jenis sampah adalah sampah alam, sampah konsumsi, sampah manusia, sampah nuklir, sampah pertambangan, sampah industri. Namun berdasarkan sifatnya, sampah bisa dibedakan menjadi sampah organik dan anorganik.

Sampah organic adalah sampah yang bisa diurai oleh makhluk hidup. Yang termasuk jenis sampah ini adalah sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan lain sebagainya yang berasal dari sisa makhluk hidup.

Dampak Sampah

Berdasarkan pengertian sampah, sampah pasti akan berdampak pada kesehatan manusia atau makhluk hidup lain. Biasanya lokasi sampah yang tidak atau kurang memadai akan menjadi tempat bersarang beberapa organisme yang bisa membawa penyakit seperti lalat, kuman, dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, setiap jenis sampah yang tidak diolah dengan baik bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti tifus yang menyebar dengan cepat karena virus yang ada pada sampah. Bagi lingkungan, sampah juga bisa membuat dampak buruk untuk kehidupan karena rembesan sampah yang masuk ke drenaise bisa mencemari air sehingga beberapa makhluk hidup disekitar bisa mati karena sampah tersebut.

Manfaat adanya Sampah

Walaupun begitu sampah juga bisa didaur ulang lagi untuk kepentingan manusia jika diproses dengan baik. Dengan demikian, pengertian sampah bisa memberikan dampak yang bagus jika sampah yang bisa diproses dan diolah kembali diperlakukan dengan baik.

Anda bisa mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos. Sedangkan sampah anorganik bisa diolah kembali dengan kreatifitas yang anda miliki untuk dipergunakan kembali.

Data Jambeck tahun 2015 menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat kedua di dunia sebagai penghasil sampah plastik ke laut, diantara 10 deretan teratas berikut ini:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan