Mas Yunus
Mas Yunus Dosen

Writer. Menulis untuk mengapresiasi. Menyukai seputar ekonomi komunitas, trip wisata, edukasi, dan ragam potensi lokal. Tinggal di Kota Malang.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Merasakan Confero S, Mobil MPV yang Menyatukan

3 Januari 2018   18:40 Diperbarui: 3 Januari 2018   18:45 2068 20 16
Merasakan Confero S, Mobil MPV yang Menyatukan
(Dealer Wuling Motors di Jl. Letjen Sutoyo No. 6 Malang/Dokumentasi Pribadi)

Bulan Desember 2017. Hujan tipis-tipis membasahi jalanan di kota Malang. Traffic light tampak menyala merah ketika itu, pertanda saya harus menghentikan kendaraan di Jalan Letjen Sutoyo No. 6 Malang, tepat di depan dealer Wuling Motors berada.

Dari balik kaca jendela MPV yang saya kendarai, terlihat deretan mobil "Confero S"nangkring di show room itu. "Oh... inikah mobil MPV ala teknologi GM Eropa produksi Shanghai General Motor Wuling (SHMW)?", pikirku."Siapa tahu harganya jauh lebih kompetitif dari pada mobil sejuta umat lainnya, kan bisa ditukar dengan mobil lamaku... atau sekalian saja beli buat taksi oline, ini peluang", pikiranku berkecamuk.

Mengamati Confero S dari Dekat

Saya mencoba berpikir rasional.Bukankah produk baru itu acapkali dijadikan "kelinci percobaan"? Tapi, tapi apa? Bukankah mobil pabrikan baru Wuling Motors pasti dibuat dengan sejuta perhitungan, sengaja diproduksi sesempurna mungkin agar mampu bersaing?" Kalau ya, ini berarti peluang emas, pikirku lagi. Saya seolah berdiskusi dengan diri sendiri.

Hemm... dari pada penasaran, lebih baik saya melihat langsung dari dekat. Saat detik-detik terakhir jelang lampu merah menyala, saya banting stir menuju pelataran parkir dealer berlogo "W" itu.

(Bagian depan Dealer Wuling Motors di Jl. Letjen Sutoyo No. 6 Malang/Dokumentasi Pribadi)
(Bagian depan Dealer Wuling Motors di Jl. Letjen Sutoyo No. 6 Malang/Dokumentasi Pribadi)
"Selamat sore, silahkan masuk!", begitu petugas security menyilakan saya menemui Mbak Luki, si marketer "Confero S". Mbak Luki dengan ramah menjelaskan detail spesifikasi produk, harga, dan lain-lain. Di luar ruangan, gerimis masih enggan reda. Sementara itu, saya masih asyik mengamati salah satu varian Confero S.

(Salah satu tipe Confero S warna pristine white di Dealer Wuling Motors, Malang/Dokumentasi Pribadi)
(Salah satu tipe Confero S warna pristine white di Dealer Wuling Motors, Malang/Dokumentasi Pribadi)
Sekujur bodinya tampak stylist dengan bumper yang gagah. Desain grille berbalutkan chrome menambah kesan modern. Desain rear combination lamp-nya anggun, memudahkan penerangan saat melakukan pengereman di malam hari.

Begitu saya buka pintunya, interiornya OK banget. Desain tempat duduk dengan 7 kursi (captain seats) menghadirkan suasana lapang dan nyaman, begitu juga dengan kursi baris ketiga.

Kesan saya, ini bukan MPV rasa city car, tetapi benar-benar The Real Spacious Family MPV. Lapang dan nyaman. Kursinya berbalut kulit, menambah kesan mewah.

Test Drive Kenyamanan Confero S

Sebagai pengguna MPV, saya merasakan magnit kenyamanan berkendara sedari awal memandang Confero S. Eksteriornya mobil debutan ini elegant, begitu juga dengan desain interiornya.

Dashboardnya dilengkapi dengan entertainment system, seperti sistem audio video dengan touchs creen selebar 8'', kompatibel dengan USB dan bluetooh, serta mampu terkoneksi dengan smart phone.

Fiturnya banyak banget ala teknologi GM, salah satunya dilengkapi dengan fitur keselamatan bagi pengendara, seperti dual front airbag dan TPMS (tire pressure monitoring system). TPMS adalah sistem pemantau tekanan ban. Alat indikator ini memudahkan pengemudi memantau tekanan ban saat berkendara dari dalam mobil.

(Mobil Confero S ini dilengkapi dengan fitur TPMS/Dokumentasi Pribadi)
(Mobil Confero S ini dilengkapi dengan fitur TPMS/Dokumentasi Pribadi)
Namun harganya yang relatif jauh lebih murah dari pada mobil MPV sekelasnya, masih menyisakan sedikit keraguan, apakah mobil Confero S ini senyaman penampilannya.

Bayangkan, Wuling Confero 1.5 tipe standar, saat saya berkunjung harganya cuma dibandrol Rp 125 jutaan setelah dikurangi cash back. Harga ini jauh berbeda dengan mobil MPV terbaik sekelasnya. Untuk orang kantoran, tipe standar ini pas banget.

Sementara untuk keluarga, bisa memilih tipe Confero S 1.5C Lux atau Confero S 1.5L Lux plus dengan beaya relatif lebih sedikit tinggi. Suer, kompetitif banget deh harganya.

Nah, untuk membuktikannya, saya berkesempatan melakukan test drive MPV anggun bernama "Confero S". Nama ini berasal dari bahasa Latin yang artinya"untuk menyatukan" (to bring together). Sedangkan "S", singkatan dari "Sporty".

Aha..., mula pertama jalan, mesinnya mati setelah saya hidupkan. Pasalnya, pedal gas dan koplingnya tidak seimbang, berasa seperti terlalu lembut dibandingkan mobil saya, hehe :). Saya segera menyesuaikan diri.

Mesin saya hidupkan lagi, beberapa detik kemudian Confero S1.5L Lux (7 Seat) warna putih bersih meluncur di Jalan Letjen Sutoyo, belok kiri melintasi rel kereta api dekat Bakso Presiden, terus melaju hingga kembali parkir di halaman Wuling Motors.

Sesekali saya mencoba mencoba melintas di pinggir jalan yang tidak rata. Eit... tak begitu berasa getarannya. Ban dengan diameter dan lebar lebih besar (15"), cukup mendukung kenyamanan berkendara. Begitu saya injak pedal gas lebih dalam, sentakan Confero S bertenaga 1.500 CC hemat bahan bakar ini berasa mudah diajak berakselerasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2