Mohon tunggu...
jurnalrumit
jurnalrumit Mohon Tunggu... Hobi Menulis, Membaca, Menonton

Not Surrender

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Ekonomi Indonesia Ambruk Akibat Pandemi Covid-19, Apa Bisa Dipulihkan Menjadi Normal atau Menjadi Lebih Baik?

25 Mei 2020   17:39 Diperbarui: 25 Mei 2020   17:38 17 0 0 Mohon Tunggu...

Hallo sobat jurnalrumit,  dapat kita ketahui bahwa ekonomi global telah turun dibangdingkan pada tahun sebelumnya. sobat pasti sudah tau bahwa apa penyebabnya?? ya sobat, anda benar karna diakibatkan oleh pandemi yang dinamakan COVID-19.

Ekonomi global menurun termasuk indonesia dan bahkan jika kondisi saat ini terus menerus terjadi bisa jadi ekonomi dapat ambruk. mengapa? dikarnakan kompenen ekonomi yang paling penting masyarakat (SDM) menjadi panik.

sebagian orang mengetahui bahwa jika komponen yang disebut masyarakat ini jika kurang dapat memenuhi kebutuhannya maka akan terjadi konflik-konflik yang terjadi secara berkala.

kejahatan meningkat, kelaparan meningkat, dan lain-lain.

sobat perlu ketahui bahwa ekonomi saling erat dengan Masyarakat dan Politik. Mengapa? karna hubungan di antara ketiga tersebut saling timbal balik ataupun saling melengkapi.

contohnya jika masyarakat tidak berperan penting maka sistem ekonomi dapat dikatakan tidak dilakukan secara baik, why? karna tanpa masyarakat maka ekonomi tidak jalan, tidak ada yang dinamakan praktek jual-beli.

Rupiah melemah? 

ya benar sobat, mata uang indonesia melemah dikarnakan penyebab terjadinya pandemi covid-19. alasannya? disebabkan oleh perdagangan impor-ekspor macet dan tidak berjalan dengan lancar, kepanikan yang terjadi oleh pasar global, dan lain-lain.

Apa bisa rupiah dipulihkan kembali? 

Tentu sangat bisa sobat! rupiah dapat dipulihkan secara normal. dapat sobat ketahui bahwa sudah berapa kali sih rupiah melemah? sudah berapa kali krisis ekonomi terjadi? Tentu nya sudah lebih dari 1 kali. bisa dikatakan pemerintah indonesia sudah berpengalaman dengan hal-hal yang terjadi.

balik ke sejarah ketika krisis ekonomi 1997 tersebut. ada 4 faktor penyebab terjadinya krisis ekonomi 1997. salah satu pemicu nya adalah sistem perbankan yang kurang memadai. mungkin banyak yang tidak menyadari mengapa saya lebih menyoroti sistem perbankan. dikarnakan ada spekulan yang menargetkan pasar asia tenggara. lebih lanjut nya di artikel berikutnya...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN