Mohon tunggu...
M GaluhPramudya
M GaluhPramudya Mohon Tunggu... Lainnya - article only

article only

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi 6_M Galuh Pramudya Albani_5032101035

9 April 2022   14:45 Diperbarui: 9 April 2022   14:50 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hal yang pertama saya lakukan adalah mendaftarkan diri melalui google form yang tersedia. Setelah saya mengisi google form, saya mendapat email dari tim geladi Hominisasi. Yang mana isinya pemberitahuan tentang kegiatan yang akan dilakukan, seperti berdinamika bersama rekan-rekan mahasiswa lintas jurusan, belajar bersama menjadi warga negara yang terampil dalam menggunakan logika dan bahasa dalam menyampaikan gagasan. Selain pemberitahuan, email tersebut juga menyampaikan tugas yang bertujuan untuk mengetahui apakah pendaftar sudah memiliki kesiapan untuk mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi nantinya. 

Dalam tugas tersebut saya diminta untuk mendengarkan lagu Indonesia Raya 3 stanza melalui sebuah tautan yang yang tercantum pada email. Setelah saya mendengarkan lagu Indonesia Raya 3 stanza saya diminta memberitahu bait lagu mana dari ke tiga stanza yang saya rasa paling berkesan. Saya memilih stanza 1 bait yang pertama, bagi saya syair yang ini menarik, karena ketika mendengarkan dan mengucapkan syair tersebut muncul rasa memiliki yang tinggi kepada negara ini, merasa betapa kaya nya negeri ini, bangga bisa menjadi bagian dari negeri ini, juga bersyukur bisa berdiri Negeri ini. 

Selanjutnya setelah saya memilih bait lagu Indonesia Raya dan memberikan pendapat mengenai bait mana yang paling berkesan, saya diminta untuk menuliskan pendapat saya mengenai peran generasi muda dan juga tantangan yang perlu dihadapi untuk memajukan bangsa. Begitu tugas pra Geladi Hominisasi ini selesai tautan Zoom Meeting diberikan melalui email. Pada hari pelaksanaan Geladi Hominisasi saya diminta untuk melakukan perkenalan dalam sebuah kelompok kecil yang berisikan 6 orang.

Pada sesi perkenalan saya memberitahu nama saya, asal jurusan, domisili, dan hobi saya. Setelah sesi perkenalan saya dan kelompok diminta untuk memperesentasikan suatu tema. 

Tema yang kelompok kami dapat adalah mengenai penggunaan Bahasa Indonesia di 

kalangan anak muda, kami menjelaskan tema tersebut dengan sebuah presentasi yang isinya mengandung dialog-dialog anak muda yang selalu menggunakan bahasa gaul, lalu ada salah satu teman mereka menegurnya dengan kalimat yang berisi tentang melestarikan budaya Bahasa Indonesia. 

Setelah mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi, refleksi yang saya rasakan jadi lebih kritis dan percaya diri. Dalam kehidupan bermasyarakat pun kita harus percaya diri dengan berbicara bahasa Indonesia, karena sangat diperlukan berbahasa Indonesia yang baik dan benar dalam melestarikan bahasa kesatuan negara Indonesia, supaya tidak hilang penggunaannya. 

Beberapa manfaat yang saya dapat dari geladi ini adalah saya mendapatkan teman baru dan belajar untuk mempresentasikan sesuatu secara kreatif dan padat data sehingga dapat menyampaikan dengan jelas apa yang dimaksud kepada audiens. 

Setelah saya mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi, saya bisa belajar komunikasi sesama kelompok dengan efisien, walaupun sebelumnya tidak saling kenal satu sama lain. Yang lain yaitu saya belajar metode presentasi yang paadat data dan itu bisa saya terapkan dalam perkuliahan saya. Cara saya untuk meningkatkan kemampuan saya dalam berpikir dan berbahasa sebagai warga negara adalah dengan bangga menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyampaikan sesuatu dan selalu berpikir kritis dalam menghadapi hal apapun.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun