Mohon tunggu...
Muhammad Rofii
Muhammad Rofii Mohon Tunggu... Dosen - Teacher and Writer

Beramal Literasi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Tiga Modal Manusia

18 Agustus 2021   07:34 Diperbarui: 18 Agustus 2021   07:38 101 3 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tiga Modal Manusia
Dokumentasi hasil screenshot saat pelaksanan acara virtual (17/8/21) malam.

Berbicara tentang kecerdasan sering kali digambarkan dengan matematika dan sains, atau tes IQ dan algoritma yang rumit. Orang-orang yang dianggap memiliki kecerdasan tinggi biasanya dihargai dan sering dianggap sebagai orang yang bisa menyelesaikan hal-hal yang rumit.

Seorang psikolog Harvard yaitu Howard Gardner menjelaskan bahwa orang tidak memiliki kapasitas intelektual yang ditetapkan tetapi lebih banyak jenis kecerdasan, misalnya seseorang dapat menjadi cerdas dalam musik, tetapi buruk dengan angka.

Gardener juga berpendapat bahwa pandangan psikometri tradisional mengukur kecerdasan terlalu sempit dan mereka tidak mungkin menangkap semua kemampuan dan bakat yang dimiliki orang-orang. 

Dia menyatakan bahwa tidak lengkap untuk menilai kecerdasan seseorang dengan satu atau dua faktor saja. Sehingga dalam hal ini dibutuhkan tiga modal kecerdasan manusia yaitu Intelligent Quotient (IQ), Spiritual Quotient (SQ), dan Emotional Quotient (EQ).

IQ merupakan hasil pengukuran dari kecerdasan kristal, yaitu kecerdasan yang terbentuk atas proses pembelajaran dan pengalaman hidup. SQ sebagai kecerdasan untuk mengembangkan kapasitas seseorang dalam mencari makna, visi, dan nilai hidupnya. EQ adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, dan mengontrol emosi dirinya dan orang-orang di sekitarnya.

Dalam sebuah survey dari Institut Teknologi Carnegie dibuktikan bahwa dari jumlah 10.000 orang sukses, 15% karena disebabkan oleh kemampuan teknis (IQ) dan 85% orang sukses sebab faktor-faktor kepribadian (EQ dan SQ).

Adapun Dr. Albert Edward Wiggam membuktikan dalam penelitiannya dan menghasilkan dari jumlah 4000 orang yang kehilangan pekerjaan, 400% orang karena kemampuan teknis dan 3600 orang karena faktor-faktor kepribadian.

Dari pemaparan di atas penulis menyimpulkan bahwa manusia memiliki tiga modal ini harus seimbang dengan maksud tidak cukup hanya bermodal intelektualitas saja namun harus dibarengi dengan EQ dan SQ.

Tingkatkan intelektual kita, tata emosional kita dan siram keduanya dengan spritualitas agar ketiganya berimbang.

Pelaksanan reuni dan silaturahmi season 2 oleh lembaga AR Learning Center (Dokpri)
Pelaksanan reuni dan silaturahmi season 2 oleh lembaga AR Learning Center (Dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan