Mohon tunggu...
Lyta Andhelia Yanuarista
Lyta Andhelia Yanuarista Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Lyta_Dhelia

Lytaaay_24

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sejauh Apa Kamu Mengenal Sumenep?

28 November 2021   21:44 Diperbarui: 28 November 2021   21:54 56 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sumenep merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur, letaknya sendiri berada di ujung timur Pulau Madura. Kabupaten ini memiliki keunikan tersendiri, mulai dari wisata, kesenian, hingga budayanya. 

Kabupaten yang mendapat julukan "Kota Keris" ini di dominasi oleh beberapa wisata. Bahkan, banyak manca negara yang berdatangan ke kota ini hanya untuk menikmati keindahan wisatanya. 

Salah satu wisata yang paling digemari oleh masyarakat adalah Gili Labak. Gili Labak merupakan salah satu pantai yang terletak di Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep. Lokasi Gili Labak ini tidak terlalu luas, namun lautan yang mengelilinginya sangatlah indah. Mulai dari laut biru kehijauan yang sangat jernih, menambah kesan eksotis yang membuat masyarakat tertarik untuk mengunjunginya. 

Tidak hanya itu, terumbu karang yang sangat indah dan bersih juga menjadi incaran para wisatawan. Wisata ini memiliki daya tarik tersendiri. 

Selain tempatnya yang indah, tempat ini juga memiliki spot foto yang keren. Bahkan, wisata ini juga cocok jika dijadikan tempat untuk bersantai bersama keluarga sambil memanjakan mata menikmati nuansa alam yang begitu menakjubkan.

Selain memiliki wisata yang begitu beragam, Kabupaten Sumenep juga kaya akan kesenian. Beberapa kesenian yang ada di Kabupaten Sumenep antara lain : Batik tulis dan Tari Moang Sangkal. 

Dua kesenian tersebut merupakan warisan budaya dari keraton Sumenep. Batik tulis Sumenep sebenarnya sama dengan batik Madura pada umumnya, hanya saja perbedaannya terletak pada warna yang digunakan. 

Di Sumenep sendiri warna batiknya cenderung menggunakan warna yang cerah, sehingga terkesan kontras saat dipakai. Selain batik, Tari Moang Sangkal juga menjadi kesenian yang paling dilestarikan di Kabupaten Sumenep. 

Moang Sangkal sendiri merupakan tarian yang biasanya dilakukan pada saat acara-acara tertentu, seperti halnya pernikahan, menyambut tamu, dan lain-lain. 

Tujuannya untuk menolak segala macam petaka atau bala yang dapat menghambat kelancaran acara yang sedang diselenggarakan, serta memohon keselamatan agar tetap dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Budaya yang ada di kabupaten ini juga tidak kalah menarik. Tak jarang para traveller mengunjungi kota ini untuk menganalisis kebudayaannya. Salah satu kebudayaan yang ada yaitu Upacara Petik Laut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan