Mohon tunggu...
Fakhri Febrian
Fakhri Febrian Mohon Tunggu... Mahasiswa Unand

Fakhri Febrian 19 tahun, asal bukittinggi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Beberapa Kosakata Bahasa Minang yang Mulai Dilupakan atau Jarang Dipakai

6 Maret 2021   15:05 Diperbarui: 8 Maret 2021   13:42 162 1 0 Mohon Tunggu...

Bahasa adalah alat komunikasi manusia. Indonesia memiliki banyak ragam bahasa, salah satunya adalah bahasa minang. Bahasa Minang merupakan bahasa yang digunakan sebagai bahasa sehari-hari masyarakat Minangkabau, khususnya di daerah Sumatera Barat. Namun beriringan dengan jalannya waktu, banyak kosakata bahasa minang yang mulai dilupakan oleh masyarakat minangkabau.

Minangkabau sendiri berasal dari kata Menang dan Kerbau. Dalam sejarah, pertandingan adu kerbau dilakukan untuk menghindari terjadinya pertempuran. Dalam pertandingan tersebut, pasukan majapahit menggunakan kerbau yang besar, agresif, dan sehat, sedangkan masyarakat lokal menggunakan anak kerbau yang sedang kelaparan dan dipakaikan tanduk besi.

Pada pertandingan tersebut, anak kerbau langsung berlari kearah kerbau musuh dengan menyangka bahwa kerbau tersebut hendak akan menyusuinya, alhasil anak kerbau tersebut mencabik-cabik perutnya dan pertandingan tersebut dimenangkan oleh masyarakat lokal.

Kembali kepada topik sebelumnya, berikut adalah kosakata bahasa minang yang sudah mulai dilupakan oleh masyarakat minangkabau :

1. Cipia

Dahulu, piring makan disebut dengan Cipia, sekarang bahasa ini mulai dilupakan dan masyarakat Minangkabau menggantinya dengan sebutan Piriang

2. Kumbuak

Pada masa sekarang ini, saya sendiri tidak pernah mendengarkan kata ini, kumbuak ini merupakan teko atau tempat air minum yang terbuat dari tembikar. Bagaimana? Apakah sanak familiar dengan bahasa ini?

3. Sanduak

Sanduak merupakan alat dapur yang sering digunakan untuk membuat gulai pada pesta pesta. Kata ini sudah mulai kembali digunakan karena lagu yang berhasil viral yaitu lagu Sanduak Uda Salman.

4. Kucabuak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN