Mohon tunggu...
Lynna
Lynna Mohon Tunggu... Blogger

Digital Marketing

Selanjutnya

Tutup

Digital

Tips untuk Sukses Beriklan di Instagram Ads

13 Mei 2020   16:06 Diperbarui: 14 Mei 2020   09:20 7 0 0 Mohon Tunggu...

Instagram memang menjadi lahan marketing yang segar dan efektif. Hal ini wajar karena ada lebih dari 1 milyar pengguna yang mengakses Instagram tiap bulannya. Dengan rata-rata waktu scrolling 53 menit tiap harinya, ini menjadi alasan kuat bagi brand untuk menggunakan Instagram. Tentunya Anda ingin muncul di laman Instagram dengan target audiens yang tepat.

Instagram Ads kemudian muncul di tahun 2015, fitur ini memperbolehkan bisnis untuk muncul di depan layar audiens dengan ketertarikan pada produk yang sama. Menggunakan Instagram Ads memberikan kesempatan bagi bisni untuk menjangkau audiens yang lebih besar. Namun, diperlukan taktik yang sesuai agar teknik marketing ini membuahkan hasil yang memuaskan.

Tetapkan Objektif Iklan Anda

Dalam Instagram Ads, Anda harus menetapkan objektif / tujuan dari iklan yang Anda pasang. Dengan objektif yang jelas, Anda dapat berfokus pada pembuatan konten yang sesuai dengan tujuan tersebut. Karena Instagram Ads dapat di atur di Facebook, maka ketika Anda sudah log in dan pergi ke Ads Manager, terdapat 3 kategori yang harus dipilih.

  1. Awareness
    Di dalam kategori ini, terdapat 2 objektif yaitu Brand Awareness dan Reach. Anda bisa memilih Brand Awareness untuk menjangkau pengguna yang sekiranya sudah tertarik dengan produk sejenis yang Anda jual. Dengan begitu mereka akan mengetahui mengenai brand Anda. Sementara Reach untuk memunculkan iklan Anda di layar pengguna sesering mungkin.

  2. Consideration
    Di dalam kategori ini terdapat 6 objektif, Traffic, Engagement, App Installs, Video Views, Lead Generation dan Messages. 

 
Traffic, jika tujuan iklan Anda untuk mengarahkan pengguna ke website atau landing page.

Engagement, jika tujuan iklan Anda untuk meningkatkan engagement seperti Likes, Comment dan Share.

App Installs, jika brand Anda berupa produk aplikasi, objektif ini akan membantu mengarahkan pengguna untuk mengunduh aplikasi tersebut.

Video Views, Anda dapat menggunakan objektif ini jika akun bisnis Anda telah meluncurkan video mengenai produk Anda.

Lead Generation, dapat menggunakan tujuan yang satu ini jika Anda ingin menemukan pengguna yang tertarik pada produk Anda.

Messages, ini mengajak pengguna untuk menjawab pertanyaan seputar produk.

Conversion
Objektif ini biasanya digunakan jika tujuan iklan adalah untuk meningkatkan penjualan. Di dalam kategori ini ada 3 objektif, Conversions, Catalog Sales dan Store Traffic. Anda bisa menggunakan Catalog Sales jika ingin menunjukkan konten produk katalog. Kemudian Anda bisa memilih Store Traffic jika tujuan iklan Anda meningkatkan pengunjung di offline store Anda.

Tentukan Target Audiens

Dalam beriklan di platform online tentunya Anda tidak mau menghabiskan uang untuk menargetkan iklan Anda ke semua orang. Karena dengan begitu akan memakan banyak biaya. Di dalam Ads Manager Anda bisa mengatur target audiens seperti Lokasi, Gender dan Detailed Targeting. 

  • Lokasi, pilih lokasi spesifik dan jangan terlalu luas seperti satu negara atau secara global.

  • Gender, pilih kedua gender laki-laki dan perempuan.

  • Detailed Targeting, bagian yang satu ini terbagi menjadi 3 yaitu, demografi, interest dan behaviour. Tentukan target ini kepada pengguna yang secara demografi dan ketertarikan memang sudah pernah mencari tahu mengenai produk sejenis yang Anda jual. Sementara untuk kebiasaan mereka, sesuaikan kepada pengguna yang mempunyai kebiasaan membeli melalui Instagram.

Tentukan Ads Format yang Sesuai

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN