Mohon tunggu...
Muhammad Luthfihadi
Muhammad Luthfihadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

saya sangat menyukai fotografi, menggambar, bernyanyi, mendengarkan musik, menulis dan membaca buku untuk mengisi waktu luang. oiya saya sangat senang belajar bahasa asing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Meningkatkan Nasionalisme dengan Merayakan HUT RI ke-77 bersama Siswa SDN 13 Tempilangdi Desa Kelumbi

8 November 2022   19:08 Diperbarui: 8 November 2022   19:15 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Persiapan sebelum lomba lari. Dokpri

Pada tanggal 17 agustus 2022 kemarin kita bangsa Indonesia memperingati sekaligus merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-77. Uniknya perayaan hari kemerdekaan di indosesia setiap tahun memiliki tema-tema yang berbeda tiap tahunnya. Adapun tema yang diangkat pada HUT RI ke-77 adalah "Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat".

Merayakan hari kemerdekaan merupakan bagian dari nasionalisme. Apa itu Nasionalisme?

Menurut Bachtiar Baru van Hoeve (2001) secara terminologis, kata nasionalisme memiliki arti loyalitas dan kesetian, kepada bangsa dan Negara dengan menjadikan kepentingan Negara diatas segalanya daripada kepentingan individu dan kelompok yang diaktualisasikan dengan menjalin integrasi rakyat.

Pada tanggal 18 agustus 2022 tepat sehari setelah hari kemerdekaan republik rakyat Indonesia, mahasiswa kampus mengajar yang bertugas di SDN 13 Tempilang mengadakan kegiatan dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia dengan tujuan agar dapat meningkat solidaritas, gotong royong, serta nasionalisme bersama siswa/siswi SDN 13 Tempilang di Desa Kelumbi.

Adapun kegiatan berisi perlombaan yang diharapkan mampu meningkatkan kompetisi yang sportif namun tetap memperkuat hubungan antar individu yang mengikuti kegiatan tersebut. Di antaranya seperti cerdas cermat, lomba lari estafet, Tarik tambang, menyanyi lagu nasional dan lagu daerah.

Bu Dian sebagai Juri Perlombaan 17 agustus. Dokpri
Bu Dian sebagai Juri Perlombaan 17 agustus. Dokpri

Kegiatan tersebut berjalan dengan sebagaimana mestinya, anak anak terlihat sangat antusias dan bahagia mengikutinya. Karena sebelumnya akibat pandemic dan diberlalukannya pembelajaran jarak jauh, sehingga mereka tidak bisa berinteraksi dengan teman temanya. 

Walaupun begitu tetap diberlakukan social distancing dan senantiasa mengikuti serangkaian protokol kesehatan mengingat pada saat itu sedang diberlakukan lock down.

Kegiatan di akhiri dengan membagikan hadiah kepada peserta yang telah memenangkan lomba pada setiap kategori, dan di tutup dengan sesi foto bersama.

Pemberian hadiah. Dokpri
Pemberian hadiah. Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun