Mohon tunggu...
Luthfi Dianto
Luthfi Dianto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Tertarik dalam dunia bisnis, lebiih tepatnya bidang digital marketing dan media sosial. Suatu saat akan memulai small bizz nya sendiri. Mengisi konten seputar interaksi antara brand dan audience.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

UMKM Kopi hingga Siswa PAUD dan Sekolah Dasar Ramaikan Kegiatan KKN UPI di Desa Tenjolaya, Ciwidey, Bandung

9 Agustus 2022   23:30 Diperbarui: 10 Agustus 2022   00:47 607
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan kegiatan KKN Tematik di Desa Tenjolaya, Ciwidey dengan tema Desa Pertumbuhan Ekonomi Merata yang dilaksanakan selama satu bulan.

Kegiatan KKN berfokus terhadap pendampingan UMKM Kopi Katenjo, yaitu UMKM yang memasarkan biji dan bubuk kopi siap seduh. Mengusung tema Desa Pertumbuhan Ekonomi Merata mahasiswa juga ingin menanamkan pola pikir sosial finansial pada anak-anak di lingkungan Kampung Bebera.

Dirintis tahun 2016, UMKM Kopi Katenjo yang didirikan oleh Pak Dedi Sahyana berhasil memasarkan 1-3 kuintal tiap bulannya. Pak Dedi selaku pemilik Kopi Katenjo sering kali mempromosikan produknya melalui pameran kopi di berbagai daerah di Pulau Jawa sehingga memiliki konteksi yang luas. Mahasiswa KKN UPI dikenalkan dengan berbagai jenis kopi, seperti semi wash, full wash, honey, wine, dan natural. 

Namun, semenjak Pandemi COVID-19 seperti UMKM lainnya Kopi Katenjo juga terkena dampak negatif. Pemasaran konvensional tidak dapat dilaksanakan yang menyebabkan berkurangnya penjualan. Pameran kopi pun hiatus selama Pandemi COVID-19 cukup memengaruhi penjualan Kopi Katenjo.

Melihat situasi Kopi Katenjo saat ini, mahasiswa UPI memaparkan solusi untuk penggunaan Instagram sebagai media branding. Pendampingan Pak Dedi sebagai owner Kopi Katenjo untuk optimisasi akun serta proses content creation secara menyeluruh. Dari mulai website untuk menemukan elemen design dan aplikasi dan/atau design konten itu sendiri melalui aplikasi Canva.

Selain itu, mahasiswa KKN UPI membantu redesign logo serta label kemasan produk Kopi Katenjo sehingga terlihat lebih menarik dan modern. Namun, Pak Dedi selaku pemilik Kopi Ketenjo memutuskan untuk menunda perubahan logo dikarenakan merk dan logo sedang dalam proses pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

dokpri
dokpri

Mahasiswa KKN UPI juga membantu dalam menambah asset bagi Kopi Katenjo dalam melakukan pemasaran online dengan kualitas yang profesional sebagai konten akun Instagram @kopi_katenjo.

 Selain itu, mahasiswa KKN berkontribusi terhadap penanaman mindset sosial finansial sejak usia dini kepada siswa PAUD dan SD di Kampung Bebera, Tenjolaya.

 Mahasiswa KKN UPI mengedukasi siswa PAUD Mathlaul Anwar mengenai pentingnya menabung sebagai bentuk penanaman pola pikir sosial finansial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun