Mohon tunggu...
Luthfia Devi Romadhoni
Luthfia Devi Romadhoni Mohon Tunggu... Mahasiswa

PPKN UNS

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

UNS Peduli Kesehatan Masyarakat Dusun Kodokan RT 05/RW 02 Terdampak Covid-19

6 Juli 2020   14:03 Diperbarui: 6 Juli 2020   13:57 0 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam  rangka menunaikan Tri Darma Perguruan Tinggi, Universitas Sebelas Maret Surakarta menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Era Covid-19. Berbeda dengan KKN pada umumnya, kegiatan KKN Era Covid-19 dilaksanakan secara mandiri oleh mahasiswa dengan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) guna membatu mencegah dan menanggulangi masa pandemi Covid-19 yang sedang mewabah di seluruh belahan dunia. Waktu pelaksanaan KKN Covid-19 terbagi dalam beberapa tahapan, tahap 1 telah terlaksana pada 1 Mei hingga 19 Juni 2020. Serta, KKN Covid-19  tahap 2 yang saat ini sedang berlangsung. 

Luthfia Devi Romadhoni (K6417040) adalah seorang mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang menjadi relawan KKN Covid-19 di Dusun Kodokan RT 05/ RW 02, Desa Papahan, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang dibimbing oleh Prof. Venty Suryanti, S.Si., M.Phil., P.h.D. selaku Dosen Pembimbing Lapangan. 

Dengan mengusung tema kesehatan masyarakat, ia telah menjalankan sejumlah program  kerja KKN Covid-19, diantaranya adalah pertama, sosialisi tentang Covid-19 secara online via whatsapp grup bapak-bapak, ibu-ibu dasa wisma, TPA Al Falah, dan karangtaruna setempat yang berupa pengenalan dan pemahaman tentang Covid-19 hingga cara pencegahan penularan Covid-19. 

Kedua, Pembagian handsinitizer dan masker kepada warga masyarakat setempat. Ketiga, Pemasangan banner dan pamflet tentang protokol kesehatan di masjid dan tempat-tempat strategis yang mudah dibaca warga masyarakat. 

Keempat, Pengadaan kran pencuci tangan dan sabun di pintu masuk masjid. Kelima, Bimbingan belajar pada siswa SD setempat. Keenam, Sosialisasi tips dan trik berwirausaha online-shop di masa pandemi Covid-19 secara online via whatsapp grup bapak-bapak, ibu-ibu dasa wisma, dan karangtaruna setempat. 

Rangkaian  program kerja yang terlaksana disambut dengan baik dan membuahkan hasil pada warga masyarakat Dusun Kodokan RT 05/ RW 02. Diantaranya adalah masyarakat menjadi paham seputar Covid-19 yang ditunjukkan dengan antusias warga dalam menyimak dan merespon materi yang disampaikan, sadar akan pentingnya pencegahan penularan Covid-19 yang ditunjukkan dengan pemakaian masker, tetap tinggal dirumah, tidak melaksankan kegiatan rutin bersifat kerumunan, rajin mencuci tangan, hingga penerapan protokol kesehatan di rumah ibadah. 

Selanjutnya, beberapa siswa yang mengikuti bimbingan belajar menjadi rajin belajar dan memahami materi pelajaran dengan baik yang ditunjukkan dengan hasil belajar yang memuaskan. Serta, semangat warga dalam  menghadapi masa pandemi Covid-19 yang tetap berjuang memenuhi kebutuhan hidup salah satunya dengan berdagang secara online yang  dibuktikan dengan gencarnya promosi melalui whatsapp grup dan status whatsapp.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x