Mohon tunggu...
Luthfi Fauziyyah
Luthfi Fauziyyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Universitas Negeri Semarang

Selanjutnya

Tutup

Money

Contoh Marketing Mix

9 Februari 2021   07:54 Diperbarui: 12 Februari 2021   15:33 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Hallo teman-teman, tau gak sih marketing mix itu apa? Nah, kali ini aku akan menjelaskan tentang marketing mix dan memberikan contoh produknya. Yuk simak!

Marketing mix adalah pemasaran produk yang menggabungkan atau mengkombinasi antara produk, harga, promosi, tempat pemasaran/ media pemasaran produk. Marketing mix pertama kali dikenalkan oleh Neil Borden yang diteruskan oleh Jerome McCarthy yang memperkenalkan konsep pemasaran 4P. Konsep pemasaran 4P terdiri dari Product, Price, Promotion, Place.

  • Product

Produk adalah barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan mencari profit

  • Price

Price atau harga adalah uang yang dibayarkan konsumen atas produk yang dibelinya. Dalam menentukan harga, produsen harus memperhatikan berapa keuntungan yang akan didapat apabila produk dijual murah karena ini berhubungan dengan kelangsungan bisnis kedepannya dan apabila harga produk tinggi apakah sudah sesuai dengan kualitas yang ditawarkan atau belum, serta bagaimana minat masyarakat dalam membeli produk, apakah dengan harga yang murah atau dengan harga yang tinggi.

  • Promotion

Promotion atau promosi adalah kegiatan menawarkan produk, mengenalkan produk kepada konsumen dengan tujuan untuk meningkatkan laba. Dalam kegiatan promosi biasanya perusahaan akan memberikan harga diskon agar masyarakat berminat untuk membeli produk dari perusahaan tersebut.

  • Place

Place atau tempat adalah lokasi fisik yang digunakan untuk menjalankan bisnis atau tempat pendistribusian produk. Place mencangkup gedung, toko, kantor cabang, dst.

Dalam mendirikan tempat usaha, produsen tentunya akan memilih tempat yang strategis agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Biaya dikeluarkan seperti biaya angkut barang, biaya bahan baku, dan biaya tambahan.

Contoh Marketing Mix pada produk Louis Vuitton

  • Product

Salah satu produk yang dihasilkan oleh Louis Vuitton adalah tas. Produk tas ini diproduksi di Perancis dan dibuat oleh pengrajin berpengalaman yang berasal dari Amerika dan Eropa. Bahan yang digunakan dalam pembuatan tas yaitu taiga kelas premium yang terbuat dari campuran polivil klorida yang diolah sedemikian rupa sehingga mirip dengan bahan kulit asli. Ciri-ciri dari bahan ini yaitu lembut dan cukup lentur, mudah diwarnai, awet, dan memiliki daya tahan panas tinggi sehingga tidak mudah meleleh. Varian warna yang ditawarkan juga tidak beragam hanya warna coklat dan hitam dengan cap tulisan Louis Vuitton. Selain tas, Louis Vuitton juga memproduksi baju, sepatu, parfum, dan aksesoris.

  • Price

Biaya produksi yang sangat mahal mengakibatkan harja jual yang tinggi pula. Produk Louis Vuitton dihargai jutaan sampai miliar rupiah. Tetapi harga yang tinggi sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

  • Promotion

Promosi yang dilakukan oleh Louis Vuitton adalah dengan melibatkan artis. Dimana sejak tahun 2007 Louis Vuitton bekerja sama dengan para selebriti hollywood dan seniman dalam mengkampanyekan produknya sehingga Louis Vuttion menjadi salah satu label premium.

  • Place

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun