Mohon tunggu...
Lutfi Koto
Lutfi Koto Mohon Tunggu... Lainnya - Writer

Terverifikasi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

17 Juli 2022   19:11 Diperbarui: 17 Juli 2022   19:26 263 17 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

RUANG LINGKUP PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Pengertian Psikologi Pendidikan

Secara harfiah atau etimologis, psikologi pendidikan berasal dari kata "psyche"   yang  berarti   jiwa  dan   "logos"   yang  berarti   ilmu.   Psikologi pendidikan sebagai bagian integral dari disiplin ilmu psikologi berupaya menggunakan konsep atau pronsip-prinsip psikologis dalam memecahkan masalah dalam dunia pendidikan.

Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

Ruang lingkup psikologi pendidikan menurut Soerjabrata berada dalam peninjauan secara statis, kajian psikologi tentang siswa dalam dunia pendidikan mencakup tentang gejala jiwa dan tingkah laku umum. Sedangakan dalam peninjauan dinamis, psikologi mencakup kajian psikologi   tentang   individu   siswa   dalam   proses   pendidikan,   yakni perubahan tingkah laku.

Tujuan mempelajari Psikologi Pendiidkan

Dengan adanya psikologi pendidikan diharapkan Peserta  didik  memperoleh  keterampilan  tertentu  seperti  keterampilan dalam berkomunikasi, meningkatkan   proses   pembelajaran   yang   lebih berkualitas, berkembangnya kognitif, afektif dan skill sebagai hasil dari proses pendidikan.

Kompetensi Guru

Menurut   UU   No.   14   Tahun   2005,   Guru   merupakan   pendidik profesional dengan tugas utama mendiidk, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. 

Sedangkan kompetensi diartikan sebagai seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dikuasai oleh guru dan dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan