Kesehatan

Tak Ada Kata Ulang untuk Hidup Kembali Akibat Narkoba

9 November 2018   17:06 Diperbarui: 9 November 2018   18:33 99 0 0

Assalammu'alaikum Wr.Wb, perkenalkan saya lutfiana, terimakasih untuk kompasiana telah memberikan kesempatan saya untuk menjadi kompasianer. Semoga yang saya sampaikan bermanfaat.

Narkoba (Narkotika dan obat/bahan berbahaya) merupakan zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-undang No. 35 tahun 2009).

Marak sekali penggunaan narkoba di kalangan muda sampai tua, dan lebih banyak yang tertangkap adalah orang-orang yang di bawah pendapatan ekonomi menengah atau atas. Sampai -sampai apapun yang bisa membuat mabuk dengan harga murah mereka lakukan, untuk memuaskan hasrat yang mereka sendiri tidak bisa mengendalikannya. Yang membuat saya heran adalah mereka para pecandu narkoba sangatlah pintar hingga pembalut atau popok bayi yang semestinya digunakan untuk wanita haid dan popok untuk bayi, mereka salah gunakan untuk mabuk-mabukan ??... masalah ini yang akan saya bahas untuk menghindari kita agar tidak ikut terjerumus dengan kenikmatan barang haram tersebut.

Pembalut wanita dan popok bayi dilansir sudah 2 tahun yang lalu tepatnya yang saya baca di salah satu website penyalahgunaan pembalut tertera tanggal 25 Agustus 2016. Dan muncul kembali belum lama ini di daerah Jawa Tengah, dan para pelaku pun masih usia anak-anak. Malangnya mereka yang ingin mengetahui rasa mabuk itu, membuat orang lain berpikir lagi, apa yang mereka dapatkan dari mabuk-mabukan seperti itu. Dilihat dari bahan-bahan pembalut wanita dan popok bayi sudah sangat berbahaya, hasil dari rebusan tersebut pun dirasakan mulut mereka sendiri rasanya pahit, namun kenapa tetap saja mereka ingin meminumnya ??..., efek yang terjadi setelah 3 jam berlangsung adalah mabuk.

Zat yang terdapat dalam produk pembalut dan popok bayi tersebut mengandung sejumlah zat yang tidak boleh masuk ke dalam tubuh manusia, tidak hanya didalam tubuh manusia beberapa merk pembalut pun tidak baik untuk penggunaan area V wanita. Zat tersebut berupa klorin yang dapat terkontaminasi menjadi dioksin yang biasa digunakan dalam industry dan produk rumah tangga. Penggunaan klorin hanya terdapat pada proses pemutihan (bleaching) oleh pabrik kertas termasuk pabrik pembalut wanita, tissue, sanitary pad, popok bayi, untuk membuat pestisida (pembunuh serangga), karet, dan pelarut. Klorin juga digunakan dalam air minum dan air kolam renang untuk membunuh bakteri berbahaya, serta digunakan sebgai bagian dari proses sanitasi limbah industri.

Dan di Indonesia sendiri penggunaan klorin dilarang pada pembuatan obat atau makanan berdasarkan Permenkes RI No.472/1996,karena zat yang terkandung di dalam popok jika termakan atau terminum dapat menimbulkan efek panas dan dapat menyebabkan kemandulan apabila digunakan dalam waktu yang lama. Besrdasarkan penelitian di Eropa, pembalut dan popok bayi juga mengandung zat-zat sejenis yang terkandung di dalam lem merek tertentu yang diketahui juga kerap disalahgunakan mendapatkan efek mabuk. Penyalahgunaan zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam produk pembalut bisa memicu kanker otak. Sehingga jika dikonsumsi berlarut-larut dalam waktu yang panjang, efek paling fatal dapat menyebabkan kematian dikarenakan overdosis.

Nyawamu terenggut hanya karena mendekati narkoba, ingatlah hidup hanya sekali, semua perbuatan kita akan dimintai pertanggung jawaban. Jika Anda sayang dengan diri Anda jauhilah narkoba dan himbaukanlah kepada keluarga, teman, kerabat kita semua bahwa mendekati narkoba akan sulit keluar terlebih lagi ketika sudah kecanduan. Karena hal kecil atau sedikit terus diulang maka dampaknya akan lebih besar. Ingat ketakutan yang harus kita sadari dari sekarang adalah Kematian, karena kematian tidak melihat besar-kecil, tua-muda, senang-susah, kaya-miskin, dll.

Itu saja yang bisa saya bagikan kepada para pembaca untuk saling mengingatkan dan sebagai pembelajaran untuk kita semua akan media yang semakin berkembang luas dan perlu kita ambil manfaatnya jangan sampai salah menggunakannya, seperti pemanfaatan pembalut atau popok bayi yang salah digunakan. Salam pengingat Wassalammu'alaikum Wr.Wb.