Mohon tunggu...
Lutfiah Rahmawati
Lutfiah Rahmawati Mohon Tunggu... Profil Untuk Tugas
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

AKUN TUGAS

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Belajar Hukum dari Drama Korea "Law School"

10 Juni 2021   08:04 Diperbarui: 14 Juni 2021   13:24 194 1 0 Mohon Tunggu...

Hallo semuanya disini saya akan membahas tentang drama korea bertajuk hukum yang sedang populer belakangan ini. Ya, itu adalah drama korea yang berjudul Law School, yang diperankan oleh artis ternama Korea Selatan. Siapa lagi, mereka adalah Kim Myung Min, Kim Beom, Ryu Hye Young, Lee Soo Kyung, Lee Jung Eun, Ahn Nae Sang dan masih banyak lagi deretan artis ternama dan berbakat tersebut.

Drama Law School ini menceritakan tentang kisah misteri pembunuhan dosen pada sekolah hukum terkenal di Korea ini.

Konflik bermula ketika Profesor Seo Byung-Joo (Ahn Nae-Sang) menjadi korban pembunuhan di ruang kerjanya sendiri dan semua orang menjadi tersangka. Itulah yang menjadi daya tarik drama tersebut. Gemas sekalindengan alur ceritanya. Saya sebagai penonton juga ikut menerka siapa sebenernya pembunuh Profesor Seo Byung- Joo. Saat penyelidikan dilakukan, kebenaran perlahan mulai terungkap seiring motif yang ikut terkuak. Para mahasiswa pun mulai mempelajari kasus ini.

Sekarang kita tahu ya, bahwa drama korea tidak melulu bercerita tentang percintaan saja. Banyak juga drama yang bisa kita ambil manfaatnya. Drama yang bertajuk pendidikan hingga hukum ini tentunya menambah wawasan kita tentang bagaimana sistem hukum yang diterapkan di Negeri Ginseng, Korea Selatan tersebut.

Saya masih ingat betul ada scene yang didalamnya terdapat dialog seperti ini "Hakimi secara adil dan pastikan tidak ada seorang pun diperlakukan tidak adil"

Secara umum, pengertian adil adalah suatu sikap jujur, tidak memihak kepada pihak tertentu serta bertindak objektif berdasarkan atas kebenaran yang umum.

Kalimat itu juga kembali mengingatkan saya bahwa hukum memiliki peran yang sama yaitu hukum menjamin keadilan dan kebenaran dalam tatanan sosial. Oleh karena itu dalam ranah etika, hukum dihargai dan pembatasnnya dibenarkan.

Saya sangat suka dengan karakter yang diperankan oleh Kim Myung Min yang memerankan karakter sebagai Profesor Yang Joon Hoon, beliau adalah Profesor dengan ciri khas memiliki perkataan yang tajam. Namun, bagi saya itu terlihat seperti kata-kata yang membangun. Seperti prinsipnya sebagai profesor  yang mengajar mahasiswanya dengan prinsip berikut "Hukum adalah keadilan yang tidak sempurna, tetapi ketika kau mengajat tentang hukum itu haruslah sempurna"

Tidak hanya karakter Profesor Yang Joon Hoon saja, semua karakter disini sangat bagus dan memiliki kelebihan masing-masing. 

Kalau gitu, sepertinya sampai disini dulu ya semua. Mari kita bertemu kembali dilain waktu. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x