Humaniora

Bilingual, Bermanfaatkah Diterapkan dalam Salah Satu Kajian Sosiolinguistik?

26 Desember 2017   14:11 Diperbarui: 26 Desember 2017   14:20 285 0 0

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tulisan ini ditujukan untuk memenuhi tugas final sosiolinguistik yang diampu oleh Bapak Muhammad Hasyimsyah Batubara M,Hum.

Bilingual merupakan istilah yang sangat sering didengar dalam kehidupan sehari-hari. Tapi tahukah kita sebenarnya apa itu bilingual ? bilingual cenderung diartikan sebagai bentuk dari teks dalam dua bahasa. Umumnya bahasa yang sering digunakan adalah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang lazim kita temui dalam buku teks pelajaran sekolah.

Sebenarnya, bilingual tidak hanya sebatas tulisan didalam teks. Bilingual dapat juga berarti kemampuan seseorang menguasai dua bahasa. Bahasa sendiri merupakan alat komunikasi yang kita gunakan untuk menyampaikan maksud agar dapat dipahami oleh orang lain. Dewasa ini, bahasa asing sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan terutama bahasa Inggris.

Saat ini, bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional yang banyak digunakan dalam berbagai hal, termasuk teknologi. Teknologi canggih yang ada saat ini diprogram dalam bahasa Inggris. Hal penting lainnya, bahasa Inggris amat sangat diperlukan sebagai sarana yang memudahkan kita untuk dapat berkomunikasi dengan orang asing mengingat banyaknya kerjasama yang telah terjalin dengan negera asing.

Kemampuan bilingual terutama bagi mahasiswa dapat membantu untuk meraih beasiswa lanjutan yang ditawarkan oleh negara asing. Tentunya lapangan pekerjaanpun sangat luas, tidak hanya didalam negeri, kemampuan bilingual juga sangat membantu dalam mendapatkan pekerjaan diluar negeri. Banyak hal-hal penting seperti pengetahuan, prosedur dan tulisan yang sering kita temui ditempat umum menggunakan bahasa Inggris.

Kemampuan bilingual juga dapat meningkatkan daya saing kita walaupun bukan kuliah pada jurusan bahasa Inggris. Bahasa Inggris juga meningkatkan kepercayaan diri seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern. Tulisan ini hanya memuat sebagian manfaat dari bilingual bahasa Indonesia-bahasa Inggris ditinjau dari bilingual sebagai kajian sosiolinguistik. Jadi masih belum tertarik belajar bahasa Inggris setelah baca tulisan ini ?